Sembilan Balapan MotoGP 2020 Hampir Dipastikan Bisa Dihelat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 01 Jun 2020, 11:05 WIB
Sembilan Balapan MotoGP 2020 Hampir Dipastikan Bisa Dihelat

MotoGP Jerez 2019

Berita MotoGP: MotoGP mendapatkan kabar gembira lantaran setidaknya ada sembilan balapan yang menemui titik terang dan hampir dipasitikan akan digelar musim ini.

MotoGP harus merombak total jadwal musim 2020 akibat pandemi virus corona yang mulai merebak sejak awal tahun ini. Akibatnya, kompetisi juga harus ditunda selama beberapa bulan.

Dorna Sports kini tengah berusaha melobi pihak penyelenggara dan negara-negara tuan rumah demi mendapat lampu hijau untuk menggelar balapan. Kini sudah ada lima negara di Eropa yang berpeluang untuk menjadi tuan rumah MotoGP yakni Spanyol, Italia, Austria, Republik Ceska, dan Prancis.

Spanyol akan menjadi negara tersibuk pada MotoGP 2020 lantaran memiliki empat sirkuit yang direncanakan menjadi venue perlombaan. Kans MotoGP untuk menggelar balapan di Spanyol pun semakin besar karena mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Selain dari pemerintah kota setempat, MotoGP baru-baru ini mendapat dukungan dari Kementerian Olahraga Spanyol untuk melangsungkan balapan. Kini, MotoGP tinggal menunggu persetujuan dari Pemerintah Spanyol untuk memastikan Marc Marquez dkk. kembali mengaspal.

Persetujuan dari Spanyol setidaknya akan menjamin setengah dari rangkaian balapan yang sedang dirancang MotoGP untuk musim ini. Sebab Spanyol akan menggelar 7 dari 12 balapan tersebut.

Sirkuit Jerez, Aragon, dan Valencia masing-masing akan menghelat dua balapan musim ini. Adapun Sirkuit Catalunya menggelar satu balapan. Sementara itu, kabar gembira datang dari Austria.

Dilansir dari laman Speedweek, pemerintah setempat telah memberikan izin untuk balapan Formula 1 pada Juli mendatang. Hal ini pun menjadi kabar gembira bagi MotoGP yang juga akan menggelar balapan di Red Bull Ring.

Sebab, selain dihelat di sirkuit yang sama, balapan MotoGP Austria juga berada di bahwa naungan promotor yang sama dengan F1 GP Austria.

"Austria ditangani oleh pihak promotor karena mereka juga mengerjakan F1, yang memiliki protokol serupa," tutur CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, sebagaimana dikutip dari Motorsport Magazine.

Austria rencananya bakal menggelar dua kali balapan MotoGP yakni pada 16 Agustus dan 23 Agustus. Jika pemerintah negara Spanyol dan Austria benar-benar memberikan izin, maka MotoGP dipastikan bisa mengamankan sembilan balapan dari kalender yang baru.

Kalender MotoGP 2020 rencananya akan digelar mulai Juli hingga November dengan 12 balapan di kawasan Eropa. Jika situasi memungkinkan, MotoGP 2020 akan dilanjutkan dengan beberapa balapan di luar benua biru hingga pertengahan Desember.

Artikel Tag: motogp 2020, Jadwal MotoGP, Virus Corona

615  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini