Motor Baru Justru Tak Kompetitif, Honda Langsung Ambil Langkah Darurat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 24 Feb 2020, 23:20 WIB
Motor Baru Justru Tak Kompetitif, Honda Langsung Ambil Langkah Darurat

Marc Marquez, Honda RC213V.

Berita MotoGP: Honda terpaksa mengambil langkah darurat lantaran pengembangan motor RC213V 2020 mendapatkan banyak keluhan dari para pebalapnya.

Honda harus memutar otak dalam pengembangan motor terbaru mereka lantaran waktu dimulainya kompetisi MotoGP 2020 sudah semakin mepet. Para pebalap tim berlogo Sayap Tunggal itu bahkan banyak melontarkan keluhan terhadap motor baru tersebut

Kondisi ini terjadi usai para penggawa Honda tak mampu tampil kompetitif di tes pramusim MotoGP di Qatar. Hampir tidak ada wakil Honda dalam 10 besar saat hari kedua tes berlangsung di Sirkuit Losail pada Minggu (23/2).

Satu-satunya yang masuk 10 besar justru rider tim satelit, Takaaki Nakagami (LCR Honda). Menunggangi motor tahun lalu, ia mencatat waktu terbaik 1 menit 54, 759 detik.

Sementara itu, tiga motor versi terbaru Honda maah tenggelam di urutan belakang.

Marc Marquez (Repsol Honda) ada di posisi ke-14 dengan catatan terbaik (1:55,093) yang lebih buruk daripada hari pertama tes pramusim di Qatar. Alex Marquez (Repsol Honda/1:55,725) menempati urutan ke-19. Sedangkan Cal Crutchlow (LCR Honda/1:56,178) yang menepi duluan tertahan di posisi ke-21.

Selain masalah engine braking, kurangnya feeling dengan grip ban depan diyakini sebagai masalah utama Honda. Alhasil, RC213V 2020 jadi tidak stabil kala memasuki tikungan.

Kendala ini seakan menjadi momok Honda sejak musim sebelumnya. Para pebalap Honda dibuat was-was setiap kali akan memasuki tikungan. Sedikit saja salah perhitungan, mereka bisa tergelincir keluar lintasan.

"Satu-satunya cara saya bisa bertahan di atas motornya adalah mengemudi [dengan sangat pelan] seperti pebalap amatir," keluh Crutchlow soal motor barunya.

Sementara Marquez yang musim lalu terlihat tidak mendapat masalah turut mengutarakan keluhan yang sama dengan koleganya. Kondisi bahu kanan yang belum pulih 100 persen membuat sang juara bertahan ragu memakai sikunya untuk mencegah motornya jatuh saat ban depan selip.

Krisis yang sedang dialami membuat Honda melakukan langkah darurat pada hari terakhir tes pramusim MotoGP, Senin (24/2). Satu motor RC213V 2019 yang sedianya digunakan Nakagami dibawa ke garasi Marquez.

Dilansir dari laman Speedweek, Marquez ingin melihat seberapa besar perbedaan antara motor lama dan baru soal feeling dengan ban depan. Honda pun kini tengah diburu keadaan lantanran hanya memiliki waktu untuk melakukan perbaikan hingga 5 Maret mendatang. Setelahnya, mesin mereka akan disegel hingga akhir musim.

Artikel Tag: Marc Marquez, motogp 2020, Honda

12047  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini