Marc Marquez Tegaskan Motor Honda Tak Hanya Dibuat Untuk Dirinya Saja

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 12 Sep 2020, 23:55 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Berita MotoGP: Marc Marquez menegaskan bahwa motor Honda RC213V tak hanya dibut untuk dirinya seorang. Ia menjelaskan bahwa seluruh pebalap Tim Honda bersama-sama mencoba motor agar terasa mudah dikendarai.

Marc Marquez merupakan pebalap andalan Honda dalam beberapa musim terakhir ini, berkat penampilan gemilangnya sejak debut di kelas MotoGP pada 2013 silam.

Marquez lantas menjelma sebagai salah satu pebalap papan atas di kelas MotoGP dengan menjadi juara di musim perdananya tersebut. Ia bahkan selalu menjadi juara kecuali pada MotoGP 2015.

Tak heran Honda pun selalu mengandalkannya baik saat balapan maupun dalam pengembangan motor.

Meski begitu masih ada yang menaruh keraguan besar terhadap kualitas Marquez sebagai seorang pebalap profesional. Bahkan tidak sedikit yang menyebut keberhasilan Marquez tidak lepas dari perlakuan istimewa Tim Honda kepadanya.

Beberapa pihak menyebutkan bahwa teknisi Tim Honda memang sengaja merakit motor yang dapat mempermudah Marquez meraih kemenangan demi kemenangan dalam sejumlah perlombaan. Hal ini turut diakui oleh pebalap senior Tim LCR Honda, yakni Cal Crutchlow.

Dalam beberapa kesempatan Crutchlow menyatakan bahwa teknisi Tim Honda memang sangat memprioritaskan kenyamanan Marquez seorang dalam membalap. Dugaan tersebut memang bukan tanpa alasan, dan terlihat jelas di MotoGP 2020.

Di musim ini, Tim Honda benar-benar terpuruk usai kehilangan Marc Marquez yang harus absen karena mengalami cedera patah lengan. Sementara rider Honda lain yang tersisa seperti Crutchlow, Alex Marquez, dan Stefan Bradl acap kali gagal kompetitif. Hanya Takaaki Nakagami yang berhasil menunjukkan performa yang kompetitif.

Akan tetapi, Marquez dengan tegas membantah rumor yang menyebut bahwa Honda hanya mendengarkan masukkan darinya saja. The Baby Alien menegaskan bahwa setiap pebalap Tim Honda mempunyai hak untuk memberikan masukkannya kepada para kru Tim Honda.

“Orang bilang motor Honda (RC213V) dirakit untuk Marc. Tapi kami semua (pebalap Honda) menjajal perangkat yang sama, memberikan komentar, dan saya orang pertama yang ingin punya motor yang lebih ramah untuk semua gaya balap dan lebih mudah dikendarai. Tapi Honda adalah Honda dan begitulah mereka berkerja,” ujar Marquez seperti dilansir dari Marca.

Artikel Tag: Marc Marquez, Honda, motogp 2020

6864  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini