Joan Mir Sambut Aturan Baru Soal Batasan Kecepatan di Lintasan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 11 Mei 2021, 13:45 WIB
Joan Mir

Joan Mir

Berita MotoGP: Joan Mir mengaku sangat mendukung aturan baru soal batasan kecepatan bagi pebalap, karena mengurangi intensitas diskusi dengan manajemen balapan

Terdapat kritik yang muncul saat balapan MotoGP Portugal musim ini soal aturan kecepatan pebalap di lintasan. Saat itu, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) memicu sensor tekanan dan kehilangan waktu tercepatnya pada sesi kualifikasi.

Alhasil Vinales harus memulai balapan dari posisi keempat, bukan dari posisi pertama.

Setelah banyak berdiskusi pada musim sebelumnya, panel stewards FIM MotoGP tidak lagi memutuskan soal aturan kecepatan pebalap berdasarkan gambar kamera, melainkan sensor tekanan di bagian luar trotoar untuk mengetahui kecepatan seorang pebalap. Kemudian, kedua ban harus berada di area yang dicat hijau tidak peduli seberapa kencang motor tersebut.

"Jika seorang pebalap melebihi batas kecepatan lintasan akan segera ada sinyal. Sekarang sinyal hanya ada di dalam atau di luar lintasan. Ini sangat tepat dan lebih adil untuk setiap pebalap,” kata Direktur Balap MotoGP, Mike Webb seperti yang dikutip dari SpeedWeek.

"Vinales adalah contoh terbaik. Anda juga bisa melihatnya dalam gerakan lambat. Jika ban berubah bentuk di trotoar, ban menjadi sedikit lebih lebar," tambahnya.

"Jadi, Anda dapat memicu sensor tanpa melebihi batas kecepatan lintasan. Tentu saja Anda sangat dekat dengan area hijau, tetapi masih di tepi sirkuit,” tutur Webb.

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengungkapkan bahwa ia lebih menyukai aturan baru, karena sebagai pebalap tentunya harus memahami batas kecepatan di lintasan.

“Jika saya jujur, saya lebih suka seperti itu. Artinya, diskusi dengan manajemen balapan lebih sedikit," jelasnya

"Kami tahu bahwa sensor dan benda-benda ini sekarang sangat sensitif. Kami harus tahu itu. Kami harus berusaha berhati-hati," ungkap Joan Mir.

Seri balapan MotoGP selanjutnya akan digelar di Sirkuit Le Mans, tanggal 14-16 Mei.

Artikel Tag: joan mir, Suzuki Ecstar, MotoGP 2021

15393  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini