Diragukan Honda, Dani Pedrosa Justru Meroket Bersama KTM

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 04 Mei 2023, 16:25 WIB
Dani Pedrosa

Dani Pedrosa

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pebalap penguji KTM, Dani Pedrosa, memberikan banyak kontribusi terhadap pengembangan motor RC-16 setelah ‘dibuang’ oleh Honda karena postur tubuhnya.

KTM dan Dani Pedrosa menjalani akhir pekan yang positif di MotoGP Spanyol. Pabrikan asal Austria meraih podium ganda pada sprint race dan balapan Jack Miller dan Brad Binder.

Kemenangan dipersembahkan oleh Binder saat sprint. Sementara di main race ia nyaris menang andai mampu menyalip kembali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) jelang finis.

Hasil impresif ini tidak terlepas dari kolaborasi KTM dengan Pedrosa. Pebalap berusia 37 tahun tersebut membuktikan bahwa dirinya bisa membantu banyak dalam pengembangan motor RC-16.

Pencapaian apik The Little Samurai sebagai pebalap penguji di KTM sekaligus menjawab keraguan dari Honda, pabrikan terakhir yang ia bela sebelum pensiun dari MotoGP.

Setelah pengabdian selama 13 tahun di sana, tidak ada langkah nyata dari mereka untuk menahan Pedrosa. Pria asal Spanyol itu malah dibiarkan pergi karena diyakini tak akan mampu berkontribusi dalam pengembangan RC213V.

Alasannya Honda menilai sang rider terlalu mungil, dengan tinggi badan hanya 157cm.

"Presiden HRC, Yoshishige Nomura, mengatakan bahwa dia tidak percaya dengan fisik saya," kata Pedrosa dilansir dari Motosan.

"Saya diragukan bisa memberi pengembangan yang dibutuhkan pebalap Honda saat itu, Marquez dan Lorenzo, yang lebih besar dari saya,” ia melanjutkan.

"Mereka menilai peran ini (pebalap penguji) lebih cocok diberikan kepada Stefan Bradl," tambahnya.

Apa yang terjadi pada Dani Pedrosa selanjutnya berbeda 180 derajat. KTM membukukan kemenangan perdana mereka pada 2020, setahun setelah kedatangannya sebagai rider penguji.

Sejak saat itulah KTM telah menorehkan tujuh kemenangan, atau sembilan jika sprint race masuk ke dalam hitungan. Adapun Honda malah tersungkur setelah Marc Marquez mengalami serangkain cedera. Dalam rentang waktu yang sama, pabrikan asal Jepang hanya merebu total empat kemenangan.

Kini semua kru KTM tersenyum usai memetik buah manis hasil dari perekrutan Pedrosa. Salah satu petinggi pabrikan, Francesco Guidotti, sampai tak bisa berkata-kata ketika ditanya seberapa besar peran eks rekan setim Marc Marquez itu.

"Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan kerja keras Dani atau menggambarkan keberanian yang ia tunjukkan dalam balapan akhir pekan ini," ucap Guidotti.

"Hasilnya sudah terlihat dan para pebalap kami mengakui bahwa Dani telah memberikan indikasi yang tepat untuk membuat motor yang bisa dikendarai siapa saja saat ini," ia menjelaskan.

"Dani, Brad, dan Jack masing-masing memiliki gaya berkendara yang berbeda, tetapi motornya selalu bekerja dengan baik,” tutupnya.

Artikel Tag: dani pedrosa, Honda, ktm, motogp 2023, MotoGP Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/diragukan-honda-dani-pedrosa-justru-meroket-bersama-ktm
10075  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini