Dani Pedrosa Beri Nasihat Pebalap Era Sekarang, Honda Makin Menyesal?

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 04 Jul 2023, 21:34 WIB
Dani Pedrosa

Dani Pedrosa menjadi pebalap penguji untuk KTM

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pebalap penguji tim KTM, Dani Pedrosa, menegaskan bahwa para pebalap di era sekarang ini seharusnya fokus mengembangkan motor alih alih terlalu banyak mengeluh. Pedrosa juga menceritakan perasaannya ketika tidak lagi dipercaya oleh Honda sebagai pebalap penguji.

Dani Pedrosa membeberkan pengalamannya ketika masih berkarier sebagai pebalap aktif di MotoGP hingga pensiun dan kini menjadi pebalap penguji. Pedrosa sendiri menjadi salah satu pebalap paling loyal yang pernah dimiliki tim Honda.

Selama berseragam Honda, Pedrosa mengaku memiliki peran ganda sejak masih berkompetisi di level kelas 125cc. Ia juga berperan dalam pengembangan motor dan juga pebalap yang dituntut meraih hasil bagus.

Hal itu terus berlanjut hingga ia naik ke kelas utama MotoGP, legenda balap asal Spanyol ini juga mengisi posisi pebalap penguji. Menurutnya, tugas tersebut dijalani setiap pebalap masing-masing untuk memahami karakter motor. Berbeda dengan era sekarang di mana para pebalap justru lebih banyak mengeluh.

"Dahulu tidak seperti itu. Yang terpenting adalah berada di puncak motor dan mendapatkan hasil yang bagus. Anda harus tetap diam dan tak bercerita. Jika Anda mengeluh, Anda akan dicap sebagai pengeluh," ujar Pedrosa dilansir dari Moto.it.

"Orang-orang sekarang melihat lebih banyak hal yang tidak bisa mereka lihat sebelumnya. Kami berkomunikasi dengan lebih baik dan orang-orang sekarang lebih sadar seperti apa olahraga ini."

"Sepeda motor adalah olahraga individu. Jika saya gagal, seseorang akan menggantikan saya. Dan jika saya terluka, itu saja," imbuh Pedrosa.

"Saat di Honda, saya mengembangkan motor, namun saya juga sekaligus membalap. Dari 125cc saya mengembangkan motor yang membuat kami memenangkan kejuaraan. Dengan perasaan saya, saya mempelajari alasan perubahan tersebut."

"Di 250cc saya tidak menggunakan motor yang sangat modern. Saya belajar banyak tentang semua proses ini dengan Honda," ujar Pedrosa.

Dani Pedrosa bahkan menjadi pawang motor Honda sebelum hadirnya Marc Marquez. Akan tetapi, sejak memilih pensiun di akhir musim 2018 lalu ia justru tak diberikan kepercayaan sebagai pebalap penguji bagi pabrikan berlogo Sayap Tunggal tersebut.

Sang juara dunia tiga kali dan runner-up MotoGP tiga kali itu justru dibiarkan pergi karena dirasa tidak akan mampu membentu motor Honda ke kondisi terbaik. Hal ini tak lepas dari kondisi fisik Pedrosa yang dirasa terlalu kecil tak cocok untuk pengembangan Honda kedepannya. Postur tubuh The Little Spaniard memang hanya 157cm.

"Presiden HRC, Yoshishige Nomura, mengatakan bahwa dia tidak percaya dengan fisik saya. Saya diragukan bisa memberi pengembangan yang dibutuhkan pebalap Honda saat itu, Marquez dan Lorenzo, yang lebih besar dari saya," ucap Pedrosa menjelaskan, dikutip dari Motosan dalam wawancara bulan Mei 2023.

"Mereka menilai peran ini (pebalap penguji) lebih cocok diberikan kepada Stefan Bradl," ujar Pedrosa.

Honda pun kini justru berada dalam kondisi terpuruk lantaran pebalap andalan mereka, Marc Marquez sering dihantam cedera hingga tak bisa maksimal mengembangkan motor RC213V. Sementara Pedrosa yang memperkuat KTM sebagai test rider justru mampu mengangkat KTM menjelma menjadi salah satu tim yang diperhitungkan dalam ajang balap MotoGP.

Artikel Tag: dani pedrosa

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/dani-pedrosa-beri-nasihat-pebalap-era-sekarang-honda-makin-menyesal
5417  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini