Berita MotoGP: Konferensi Pers Jelang GP Austria

Penulis: Datuk Nofri
Jumat 12 Agu 2016, 07:35 WIB
Berita MotoGP: Konferensi Pers Jelang GP Austria

Pembalap top MotoGP berfoto setelah melakukan konferensi pers menjelang GP Austria 2016

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Dalam konferensi pers menjelang Grand Prix Austria 2016, enam pembalap MotoGP sepakat dengan adanya sedikit perubahan yang dilakukan FIM pada layout di Tikungan 10 yang dibuat lebih menyempit demi alasan keamanan.

Konfrensi pers menjelang Grand Prix Austria 2016 (NeroGiardini Motorrad Grand Prix von Österreich) yang dilakukan pada Kamis (11/8/2016) kemarin dihadiri oleh sejumlah pembalap top MotoGP seperti pemimpin klasemen Marc Marquez dan Dani Pedrosa (Tim Repsol Honda), Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Andrea Dovizioso (Ducati) dan pembalap tim LCR Honda, Cal Crutchlow.

Pada konferensi pers tersebut, Marquez yang tampil pertama kali untuk berbicara meskipun ia dan timnya tidak ikut dalam sesi ujicoba di Sirkuit Red Bull Ring pada bulan lalu. “Kami akan tampil di trek baru pada akhir pekan ini. Saya sudah pernah menjajal beberapa lap di sirkuit ini sebelumnya. Kami juga sudah mendapatkan settingan yang ideal untuk berlaga di sini karena LCR Honda dan Estrella Galicia 0,0 Marc VDS ikut melakukan ujicoba di sini pada bulan lalu.”

Sementara rekan setimnya, Pedrosa yang juga tidak tampil melakukan ujicoba pada bulan lalu namun pada bulan Juni ia pernah menjajal lintasan sirkuit tersebut sebanyak beberapa lap.

Pedrosa mengatakan, “Saat mencoba sirkuit ini untuk pertama kalinya, saya merasa terkesan. Treknya sangat pas untuk memaksimalkan kecepatan. Nanti kami akan tampil menggunakan jenis ban baru yang lebih awet.”

Sedangkan pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo menyatakan tekadnya untuk memperpendek selisih pointnya di klasemen sementara. Lorenzo sendiri juga ikut melakukan ujicoba bersama rekan setimnya, Valentino Rossi bulan lalu.

“Saya harus tampil lebih tangguh sari sebelumnya. Kita lihat saja nanti apakah kami bisa lebih cepat dibandingkan tim Ducati yang lebih baik dari kami sewaktu berujicoba, dimana kami saat itu berhasil meningkatkan performa kami di saat-saat terakhir,”ujar juara dunia tahun lalu itu.

Valentino Rossi merupakan pembalap MotoGP yang masih aktif kini yang pernah tampil di sirkuit yang sama pada 1996 lalu ketika sirkuit itu belum direnovasi. “Layout di sirkuit sekarang tidak terlalu banyak mengalami perubahan tapi aspalnya sangat berbeda karena kini sangat datar. Saya rasa lintasan sirkuit di sini memiliki karakteristik tersendiri karena memiliki lebih banyak trek lurus dan membuat para pembalap lebih bisa memaksimalkan kecepatan,”tutur Rossi.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, akan menandai penampilannya yang ke-250 di arena MotoGP di Grand Prix Austria kali ini. Dovizioso mengatakan,”Trek di sirkuit ini sangat ideal bagi tim kami sehingga kami merasa optimis tetapi tentu saja ujicoba merupakan hal yang berbeda dengan balapan pada akhir pekan ini. Jenis ban yang digunakan nanti juga berbeda dan saya penasaran juga melihat seberapa jauh perbedaan yang akan kami raih dibandingkan sewaktu ujicoba tempo hari.”

Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow yang baru menjadi seorang ayah juga tampil saat melakukan ujicoba. Crutchlow belum bisa memastikan apakah ia akan bisa mengulang hasil yang sama pada akhir pekan ini dibandingkan hasil yang diperolehnya di Sachsenring dimana ia berhasil meraih posisi kedua.

“Saya kira akhir pekan ini akan sulit. Pada ujicoba sebelumnya, kami memfokuskan untuk menguji perangkat elektronik yang kami miliki. Kami juga cukup puas dengan kinerja beberapa komponen lainnya,”Crutchlow menjelaskan.

Para pembalap juga mengomentari sedikit perubahan pada layout di Tikungan 10 yang dibuat lebih menyempit demi alasan keamanan. Mereka semua setuju dengan keputusan tersebut dan pembahasan soal itu akan terus berlanjut bilamana perubahan yang telah dilakukan itu tidak memberikan hasil seperti yang mereka harapkan.

Para pembalap akan tampil pada Jumat pagi waktu setempat untuk sesi free practice yang akan diawali oleh para pembalap Moto3™ mulai pukul 9:00.

Artikel Tag: motogp, Red Bull Ring, GP Austria, FIM

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/berita-motogp-konferensi-pers-jelang-gp-austria
1666  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini