Alex Marquez Bertekad Perbaiki Performanya di MotoGP 2022

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 21 Jan 2022, 08:30 WIB
Alex Marquez

Alex Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Alex Marquez mengaku memiliki tekad untuk memberikan penampilan lebih baik di kejuaraan MotoGP 2022 setelah mengalami berbagai kesulitan sepanjang musim 2021.

Setelah sukses merengkuh gelar juara dunia Moto2 2019, Alex Marquez dipromosikan ke ajang MotoGP sebagai rider Repsol Honda Team. Ia ditunjuk untuk mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Jorge Lorenzo, sekaligus betandem dengan sang kakak, Marc Marquez.

Walau kemampuannya sempat diragukan banyak pihak, dirinya mampu membungkam semua kritikan dengan raihan dua kali podium kedua saat tampil di Le Mans dan Aragon. Marquez pun berhasil menuntaskan musim debutnya di MotoGP pada peringkat ke-14 klasemen akhir pebalap.

Tahun lalu, rider berusia 25 tahun itu menjalani petualangannya bersama tim satelit LCR Honda. Dengan paket motor yang kurang kompetitif, ia pun mengalami kesulitan sepanjang MotoGP 2021. Hasil terbaiknya hanya finis di urutan keempat di seri MotoGP Algarve.

Selain itu, Alex Marquez sering melakukan kesalahan saat balapan yang berujung pada gagal finis sebanyak enam kali. Situasi tersebut sama persis seperti yang dialaminya ketika masih turun di ajang Moto2.

“Saya tahu bahwa saya harus meningkat,” ucapnya mengutip dari Bikesportnews.

“Tidak hanya motor. Kondisi saya harus lebih meningkat, mencoba menjadi pebalap yang lebih lengkap, mencoba untuk selalu ada di sana dan tidak naik turun seperti yang saya lakukan pada musim lalu,” ia menjelaskan.

“Saya orang pertama yang harus meningkat. Juga benar, jika motor punya potensi besar dan kami punya motor bagus, pasti akan sedikit lebih mudah segalanya,” lanjut Marquez.

“Saya orang pertama yang saya tahu bahwa saya harus bekerja dan itulah yang saya lakukan musim dingin ini. Secara fisik saya merasa sangat baik. Saya latihan motocross dan flat track. Rasanya hebat,” tuturnya.

Marquez pun berkesempatan untuk menjajal prototipe RC213V 2022 pada tes Jerez bulan November lalu. Beberapa komponen baru disebutnya mampu menunjukkan kinerja lebih baik, terutama daya cengkeram ban belakang. Tetapi ia menegaskan bahwa masih ada area motor yang perlu dibenahi.

Pria asal Spanyol itu lalu mengungkapkan bahwa apa yang harus dilakukan Honda sekarang ini adalah menguji coba motor RC213V versi 2022 di trek yang berbeda. Karenanya, tes di Sirkuit Sepang dan Sirkuit Mandalika akan menguji kesiapan motor di balapan pembuka musim, MotoGP Qatar.

Artikel Tag: Alex Marquez, Honda, LCR, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/alex-marquez-bertekad-perbaiki-performanya-di-motogp-2022
538  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini