Sebastian Vettel Beberkan Kelemahan Mobil Aston Martin

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 02 Des 2021, 22:40 WIB
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sebastian Vettel menemukan bahwa minimnya downforce serta kurangnya beban pada mobil Aston Martin AMR21 membuat ia kesulitan untuk kembali finis di zona poin.

Aston Martin menjadi salah satu tim Formula 1 yang terdampak dengan perubahan aturan aerodinamika musim ini. Akibatnya mereka kesulitan mengungguli kecepatan Alpine dan AlphaTauri, pesaing terdekatnya.

Podium semata wayang yang diraih tim bermesin Mercedes itu GP Azerbaijan seolah hanya sebuah keberuntungan karena setelah itu, performa mereka kembali merosot.

Sebastian Vettel pun kini jarang masuk zona poin. Sebagai pebalap yang sebelumnya selalu dibekali mobil kompetitif, ia tentu sangat frustrasi dengan situasi tersebut. Bersama teknisi Aston Martin, Vettel mencari penyebab dirinya kesulitan mencapai pace yang setara dengan lawan.

TIm asal Inggris itu berhasil menemukan jawabannya, yakni minimnya downforce dan kurangnya beban pada mobil. Menurut Vettel, masalah tersebut akan sulit diperbaiki.

“Kami mengalami balapan di mana mobil terasa sangat bagus. Kami juga sangat menderita pada balapan lainnya,” tutur Vettel dilansir dari Motorsport.com.

“Secara umum, masalahnya adalah seberapa kompetitif Anda. Dari sudut pandang daya saing, saya kira resistansi aerodinamika mobil kami berlebihan,” ia menjelaskan.

“Kami tidak punya mobil sangat efisien, ditambah lagi kami tak punya cukup downforce. Saya kira itu kelemahan utama. Dari sana, sulit mengatasinya,” lanjutnya.

Keluhan itu sendiri timbul karena upaya Aston Martin untuk mencari solusi selalu berbuah kebuntuan saat tampil di sirkuit-sirkuit tertentu.

Vettel dan tandemannya, Lance Stroll, pun menyiasati masalah tersebut dengan manajemen ban.

“Beberapa sirkuit membantu, di sirkuit lain, kami mengatasinya dengan menemukan set-up bagus dan bekerja baik dengan ban, serta merancang strategi bagus,” ia mengungkapkan.

“Secara umum, ketika mobil dalam jendela performa yang tepat, kami dapat menjalankan pekerjaan secara masuk akal dan mendapat poin. Pertama, tidak selalu mudah masuk ke jendela itu. Kedua, area di mana kami bertarung sangat kompetitif," tambah pebalal asal Jerman itu.

“Tampaknya di tengah musim, tim-tim lain berprogres lebih daripada kami sekarang,” tukasnya

Artikel Tag: Sebastian Vettel, aston martin, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sebastian-vettel-beberkan-kelemahan-mobil-aston-martin
510  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini