Pole GP Meksiko Jadi Pencapaian Terbaik Valtteri Bottas di F1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 07 Nov 2021, 23:40 WIB
Valtteri Bottas

Valtteri Bottas

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Keberhasilan Valtteri Bottas merebut pole di kualifikasi GP Meksiko dianggap sebagai pencapaian terbaik pebalap asal Finlandia itu selama berkarier di F1.

Sebelum dimulainya akhir pekan balap GP Meksiko, Red Bull Racing menjadi tim yang paling dijagokan sebagai pemenang perlombaan. Dua podium tertinggi berhasil dikemas oleh pabrikan asal Austria itu pada 2017 dan 2018.

Pada tiga latihan bebas yang digelar hari Jumat serta Sabtu, performa Die Roten Bullen juga nampak kuat. Bahkan, Sergio Perez mampu menjadi pebalap tercepat di FP3. Pencapaian tersebut makin menunjukkan bahwa front row bakal menjadi milik mereka.

Akan tetapi mereka rupanya kedodoran mengimbangi kecepatan Mercedes dalam sesi kualifikasi. Valtteri Bottas mampu mengamankan pole position pada Q3.

Harapan Max Verstappen untuk start terdepan di balapan utama GP Meksiko harus kandas setelah lajunya terganggu oleh Perez dan Yuki Tsunoda yang melebar keluar lintasan tepat di depannya.

“Itu adalah lap yang luar biasa. Khususnya run pertama di Q3. Saya tidak bisa menandingi sektor terakhir yang sama di run kedua. Tapi jujur, saya kira run pertama di Q3 adalah salah satu lap terbaik saya. Rasanya menyenangkan,” kata Bottas dikutip dari Motorsport.com.

Pebalap asal Finlandia itu lalu mengatakan bahwa suhu yang lebih tinggi pada sore hari telah mempengaruhi kinerja mobil Mercedes W12 miliknya.

“Pagi ini, sebenarnya saya sudah merasa baik. Kami sedikit kurang dalam kecepatan pada lap pertama. Namun, menurut saya, dengan suhu yang lebih tinggi sore ini daripada di pagi hari, itu jadi penyebabnya,” ucapnya.

“Saya juga mencoba mengoptimalkan semuanya dengan suhu dan pengaturan ban, dan mobil terasa menyenangkan untuk dikemudikan,“ ia melanjutkan.

Dengan front row yang dikuasai oleh Bottas dan Hamilton, itu berarti Mercedes punya peluang besar untuk memainkan strategi taktis, sembari mencoba menahan laju Verstappen dan Perez selepas start hingga Tikungan 1 Sirkuit Hermanos Rodriguez.

“Ini (lintasan) panjang, lurus dan mobil di belakang dengan towing akan memiliki peluang baik,” tutur Bottas.

“Kami akan membutuhkan start yang bagus. Tetapi setidaknya sebagai sebuah tim, kami punya dua mobil di depan,” imbuhnya.

“Mudah-mudahan kami dapat mencoba dan mempertahankan posisi kami,” ia mengakhiri.

Pole position Bottas di GP Meksiko merupakan kali ketiga pebalap berusia 32 tahun itu menempati posisi start terdepan. Sebelumnya, ia melakukannya di seri GP Portugal dan seri GP Turki.

Bottas juga mencatatkan rekor baru sebagai pebalap kelas utama yang meraih pole terbanyak tanpa pernah meraih gelar juara, yakni sebanyak 19 kali.

Artikel Tag: Valtteri Bottas, Mercedes, F1 2021, gp meksiko

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/pole-gp-meksiko-jadi-pencapaian-terbaik-valtteri-bottas-di-f1
445  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini