Nyaris Dapat Penalti di GP Spanyol, Max Verstappen Bikin Red Bull Was-was

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 05 Jun 2023, 21:55 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Meski meraih kemenangan, Red Bull Racing sempat khawatir Max Verstappen akan dihukum penalti usai beberapa kali melewati batas lintasan di GP Spanyol.

Max Verstappen tampil perkasa di GP Spanyol akhir pekan lalu. Pemuda berusia 25 tahun itu sukses mencatatkan kemenangan kelimanya di sana setelah tujuh seri balapan F1 2023 berlalu.

Meski begitu ia sempat mendapat kibaran bendera hitam-putih atas tiga pelanggaran batas lintasan di Tikungan 5 Sirkuit Catalunya. Verstappen tak mengindahkan peringatan yang diberikan oleh Red Bull Racing demi mendapat poin tambahan dari lap tambahan.

Satu pelanggaran lagi nyaris membuat juara dunia F1 dua kali itu menerima penalti waktu lima detik.

"Kami tidak ingin dia mencari lap tercepat. Kamu tidak bisa mencegah itu. Dia sudah mendapat tiga peringatan untuk batas lintasan,” ucap penasihat Die Roten Bullen, Helmut Marko, dikutip dari Crash.

“Kamu tidak benar-benar mengambil risiko apa pun dalam situasi seperti itu lagi. Tapi kau tidak bisa marah padanya,” imbuhnya.

Christian Horner selaku prinsipal tim kemudian menjelaskan alasan Red Bull melarang Max Verstappen mengambil risiko yang tidak perlu.

"Dia dan insinyurnya memiliki hubungan seperti pasangan suami istri. Anda bisa mendengar mereka berbicara di radio, hampir seperti berdebat tentang saluran mana yang akan kita tonton,” katanya.

"Setelah melakukan tiga kali percobaan, yang berikutnya adalah penalti waktu dan jika ada safety car atau semacamnya, itu bisa sangat menyakitkan.”

“Engineer sedang mencoba untuk mengelola Max dan berkata, 'Jangan mengambil risiko apa pun, bawa pulang dan pertahankan yang tersirat'. Max, saya pikir dia tidak sadar dia telah melampaui batas dan dia hanya menginginkan poin ekstra itu untuk putaran tercepat,” ia menejelaskan.

Namun Horner sekali lagi menegaskan bahwa keputusan ada di tangan pebalapnya dan tim hanya bisa memberikan peringatan saja.

“Tentu saja, kami akan membicarakannya – dalam situasi di mana ada lebih banyak kerugian daripada itu maka kami akan membicarakannya dengan sangat tegas,” ujar pria asal Inggris itu.

"Yang bisa kami lakukan hanyalah menyampaikan informasi dan apa yang dia pilih untuk dilakukan dengan informasi itu, dia yang mengendalikannyam,” tutup Horner.

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull, F1 2023, GP Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/nyaris-dapat-penalti-di-gp-spanyol-max-verstappen-bikin-red-bull-was-was
537  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini