Max Verstappen Sebut Lewis Hamilton Tidak Paham Aturan Balapan

Penulis: Depe Ptr
Minggu 02 Apr 2023, 17:40 WIB
Max Verstappen Sebut Lewis Hamilton Tidak Paham Aturan Balapan

Lewis Hamilton and Max Verstappen / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Max Verstappen mengatakan Lewis Hamilton tidak mengikuti pedoman yang digariskan oleh FIA terkait balapan 'wheel-to-wheel' di lap pembuka Grand Prix Australia.

Berawal dari pole position, Verstappen gagal melakukan awal balap yang sempurna dan dilewati oleh George Russell ke tikungan 1.

Hamilton kemudian melewati sang pembalap, dari posisi dalam pembalap Red Bull di zona pengereman berikutnya. Verstappen dipaksa melebar saat Hamilton menempati posisi kedua.

Meski Verstappen finis di depan kedua pebalap Mercedes di posisi pertama, dia mengatakan bahwa Hamilton tidak mengikuti aturan di lap pertama.

"Dari sisi saya, saya hanya berusaha menghindari kontak," kata Max Verstappen terkait tindakan yang dilakukan Lewis Hamilton, dikutip dari Motorsportweek.

“Sudah cukup jelas dalam aturan apa yang boleh Anda lakukan sekarang. Jelas, itu tidak diikuti. Tapi, tidak apa-apa.

"Kami memiliki kecepatan yang bagus. Kami tetap melewati mereka. Tapi itu adalah sesuatu yang harus diperhitungkan untuk balapan berikutnya.”

Aturan FIA dikeluarkan pada awal musim 2022 untuk memberikan klarifikasi kepada pembalap tentang apa yang dapat diterima di lintasan.

Mengenai menyalip di bagian dalam, pernyataan tersebut berbunyi: "Mobil yang disusul harus memberikan ruang yang cukup untuk mobil yang menyalip, mobil yang menyalip harus memiliki porsi yang signifikan dari mobil di samping mobil yang disusul dan mobil yang menyalip. Manuver harus dilakukan dengan cara yang aman dan terkendali sekaligus memungkinkan mobil tetap berada di dalam batas lintasan.

“Saat mempertimbangkan 'porsi signifikan' untuk menyalip di bagian dalam tikungan, di antara berbagai faktor yang akan dilihat oleh steward saat melakukan tugas mereka, steward akan mempertimbangkan apakah ban depan mobil yang menyalip berada di samping ban depan mobil lain."

Artikel Tag: Max Verstappen, Lewis Hamilton, F1 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/max-verstappen-sebut-lewis-hamilton-tidak-paham-aturan-balapan
657  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini