Lewis Hamilton Ungkap Alasan Jarang Gunakan Simulator Balap

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 16 Mei 2021, 14:15 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Berita F1: Lewis Hamilton mengaku kurang tertarik untuk memakai simulator balap dan melakukan track walk karena dinilai tak berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan balap.

Simulator balap sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari para pebalap F1. Namun, berbeda dengan Lewis Hamilton yang justru kurang tertarik untuk menggunakannya. Pria asal Inggris tersebut bahkan hanya menempuh sebanyak 20 lap di simulator Mercedes di markas Brackley.

Hal tersebut terungkap saat Hamilton diwawancarai oleh Sky Sports, ketika ditanya perihal peran simulator dalam keberhasilannya mengklaim pencapaian 100 pole position selama berkarier di F1.

“Saya hampir tidak pernah mengemudi di simulator. Saya mungkin melahap 20 lap setahun, mungkin. Saya tidak tertarik dengan simulator,” jelas pebalap berusia 36 tahun tersebut.

Tidak hanya jarang memakai simulator, Hamilton juga mengaku bukan penggemar track walk - aktivitas memutari sirkuit yang kerap dilakukan mayoritas pebalap bersama anggota tim jelang Grand Prix F1.

“Saya biasa track walk saat saya masih muda. Tapi yang saya temukan adalah bagi saya, itu adalah latihan yang tidak ada gunanya. Sangat berbeda ketika Anda melintasi (trek) dengan kecepatan tinggi. Jadi, yang saya temukan adalah bahwa itu hanya membuang-buang energi,” kata Hamilton.

“Akhir pekan saya adalah tentang menjaga energi dan mempertahankannya sehingga saya dapat melakukan pekerjaan,” tambahnya.

Ketimbang melakukan track walk, Lewis Hamilton lebih memilih untuk fokus memikirkan strategi balapan sejak mulai menginjakkan kaki di paddock.

“Saya bekerja sepanjang Kamis dan Jumat. Pada Jumat dan Sabtu pagi (dalam sesi latihan), saya mencoba semua hal dan pada dasarnya menemukan potongan-potongan teka-teki, tetapi belum cukup menyatukan semuanya,” jelas pebalap Mercedes tersebut.

“Kemudian kualifikasi datang dan saya tidak punya pilihan. Apakah Anda memiliki semua bagian atau tidak, Anda harus membangun teka-teki itu. Jadi, saya melihat lap tahun-tahun sebelumnya, lap yang telah saya lakukan di masa lalu, lap yang telah dilakukan beberapa pesaing saya. Ini hanya memastikan saya tidak meninggalkan apa pun di atas meja,” tutupnya.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Mercedes, F1 2021

688  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini