Hasil F1 GP Italia: Kemenangan Hamilton Diwarnai Tabrakan dengan Vettel

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 02 Sep 2018, 22:26 WIB
Hasil F1 GP Italia: Kemenangan Hamilton Diwarnai Tabrakan dengan Vettel

Lewis Hamilton, GP Italia 2018 (LAT Images)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Lewis Hamilton berhasil memenangi Formula 1 Grand Prix Italia, Minggu (2/9). Kemenangan Hamilton ini sempat diwarnai oleh insiden tabrakan dengan Sebastian Vettel di lap pertama.

Duo Ferrari yang mengawali balapan dari baris terdepan saling kejar memperebutkan posisi pertama. Sementara di barisan belakang sempat terjadi masalah saat ban Brendon Hartley bocor setelah terimpit Stoffel Vandoorne dan Marcus Ericsson. Pebalap Selandia Baru itu kemudian tersingkir di pinggir lintasan.

Memasuki chicane kedua, Hamilton mulai menyerang Vettel melalui sisi luar. Namun setelah melewati Vettel, terjadi kontak antara kedua mobil tersebut. Pebalap Ferrari tersebut menjadi yang paling dirugikan, ia tidak hanya melebar namun juga melorot ke posisi belakang dan sayap depan miliknya juga rusak.

Ketika Safety Car diterjunkan untuk mengevakuasi mobil Hartley, Vettel memanfaatkannya untuk masuk ke pit untuk melakukan perbaikan sekaligus beralih ke ban soft.

Balapan pun dilanjutkan, Hamilton langsung tancap gas dan mengambil alih pimpinan balapan dari Raikkonen meski di chicane kedua Raikkonen kembali menyalip Hamilton dari sisi luar.

Raikkonen terus memimpin hingga lap ke-20 saat ia melakukan pit stop pertamanya, sementara Hamilton masih bertahan di lintasan.  Delapan lap kemudian, Hamilton akhirnya masuk ke pit dan keluar di belakang Raikkonen, sementara Valtteri Bottas memimpin di depan tapi belum melakukan pit stop.

Bottas terus menunda pit stop pertamanya untuk menghambat laju Raikkonen, dan hal itu membuahkan hasil karena Hamilton kini bisa menempel dekat di belakang Raikkonen.

Raikkonen kembali ke posisi terdepan saat Bottas melakukan pitstop pada lap ke-37. Namun ia mengalami masalah ban yang mulai terkikis, sementara Hamilton hanya berjarak 1 detik di belakangnya.

Hingga akhirny pada lap ke-46 Hamilton mampu menyalip Raikkonen di tikungan pertama. Masalah ban terus membayangi Raikkonen dan lajunya terus melambat. Ia akhirnya menyelesaikan balapan di urutan kedua dengan jarak hampir sembilan detik di belakang, Hamilton.

Ini merupakan kemenangan kelima Hamilton di Monza dan yang kedua secara beruntun setelah juga menjadi yang terbaik di balapan tahun lalu.

Verstappen finis di urutan ketiga, namun ia terkena penalti lima detik setelah terlibat kontak dengan Bottas. Akibatnya Verstappen dan harus turun ke peringkat kelima di bawah Bottas dan Vettel.

Vettel harus berjuang keras dari posisi belakang dan menyalip satu per satu mobil. Namun upayanya tidak bisa menghentikan Hamilton yang berhasil memperbesar keunggulannya di klasemen.

Berikut Hasil Lengkap GP Italia:

Pos

Pebalap

Waktu

1

Lewis Hamilton

1:16:54.484

2

Kimi Räikkönen

+8.705s

3

Valtteri Bottas

+14.066s

4

Sebastian Vettel

+16.151s

5

Max Verstappen

+18.208s

6

Romain Grosjean

+56.320s

7

Esteban Ocon

+57.761s

8

Sergio Perez

+58.678s

9

Carlos Sainz

+78.140s

10

Lance Stroll

+1 lap

11

Sergey Sirotkin

+1 lap

12

Charles Leclerc

+1 lap

13

Stoffel Vandoorne

+1 lap

14

Nico Hulkenberg

+1 lap

15

Pierre Gasly

+1 lap

16

Marcus Ericsson

+1 lap

17

Kevin Magnussen

+1 lap

NC

Daniel Ricciardo

DNF

NC

Fernando Alonso

DNF

NC

Brendon Hartley

DNF

Artikel Tag: GP Italia, F1 2018, Sirkuit Monza, Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, Ferrari, Mercedes, kimi raikkonen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/hasil-f1-gp-italia-kemenangan-hamilton-diwarnai-tabrakan-dengan-vettel
2191  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini