FIA Bakal Beri Sanksi Lebih Ringan Pada Lando Norris

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 10 Jun 2021, 14:30 WIB
Lando Norris

Lando Norris

Berita F1: Federasi Otomotif Internasional (FIA) mengungkapkan bakal memberi sanksi lebih ringan atas pelanggaran yang dilakukan Lando Norris di kualifikasi GP Azerbaijan.

Seperti diketahui, Lando Norris tidak masuk ke pit lane ketika bendera merah berkibar pada kualifikasi pertama GP Azerbaijan yang diadakan pekan lalu. Steward kemudian memberinya sanksi mundur tiga grid menjadi start kesembilan yang sebelumnya akan memulai balapan di urutan keenam.

Selain itu, ia mendapat pengurangan tiga poin super lisensi FIA. Selama setahun belakangan ini, pebalap asal Inggris itu telah kehilangan delapan poin linsensi.

Norris menilai hukuman yang diterimanya tidak adil dan terlalu berat jika melihat situasi saat kualifikasi berlangsung. Ia mengklaim telah mengambil langkah aman. Bagi FIA, alasan tersebut tak bisa diterima.

“Dari go-kart hingga Formula 1, ketika bendera merah muncul, artinya sudah jelar, segera melambat dan masuk ke pit lane segera. Jadi di sana, di sana tidak ada ambiguitas sejak anak-anak usia enam tahun tampil di lomba go-kart pertama mereka sampai ke Formula 1. Itu konsisten di semua sirkuit di seluruh dunia,” kata Direktur Balap FIA, Michael Masi, seperti yang dikutip dari Motorsport.com.

Sebelumnya, steward bahkan berencana memberikannya penalti lima grid, akan tetapi hukumannya dikurangi karena saat itu posisi Norris dekat dengan pintu masuk pit sehingga sulit untuk bereaksi cepat dan berganti arah ke jalur pit.

“Terkait dengan penalti poin dan penalti itu sendiri, tentu steward dapat menerapkan sanksi apa pun yang mereka anggap pantas dalam sebuah insiden,” ia melanjutkan.

“Ya, mereka memang memiliki pedoman untuk digunakan, tetapi dalam keadaan ini, mereka melihat bahwa pantas tidak menjalankan sepenuhnya apa yang dikatakan pedoman karena keadaan yang meringankan, yang seharusnya berbuah penalti lebih keras,” imbuhnya.

“Bagaimanapun, mengenai penalti poin, mereka merasa itu pantas, karena pelanggaran bendera merah,” Masi menegaskan.

Sementara itu, Prinsipal McLaren, Andreas Seidl, tentu saja membela Lando Norris. Menurutnya, fleksibilitas aturan dinilai perlu.

“Tidak ada kemungkinan menerima teguran, contohnya, untuk itu, jika perlu ada penalti, tentu itu mengecewakan. Tapi pada akhirnya, memang begitu, tidak ada gunanya membuang energi lagi untuk itu,” tutur Seidl.

Artikel Tag: lando norris, McLaren, F1 2021, GP Azerbaijan

423  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini