Ferrari Optimistis Mesin Mereka Mampu Bertahan Hingga Tujuh Balapan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 14 Feb 2018, 17:30 WIB
Ferrari Optimistis Mesin Mereka Mampu Bertahan Hingga Tujuh Balapan

Mesin Ferrari SF70H, GP Malaysia 2017

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Peraturan musim ini membatasi penggunaan mesin yaitu hanya tiga mesin saja per tahun, semakin menurun dibanding tahun lalu empat mesin. Meski begitu, menghadapi musim F1 2018, Ferrari tetap optimistis mesin mereka mampu bertahan hingga tujuh balapan.

Minggu lalu Ferrari memamerkan mesin F1 2018 pertamanya dalam sebuah video, meski belum menjalani tes resmi - yang baru akan digelar di Barcelona tanggal 26 Februari- namun mereka puas dengan hasil pengujian di dyno.

Ferrari musim ini lebih memilih untuk mengembangkan mesin 2017 (063) ketimbang membuat proyek mesin baru (064) yang mereka batalkan di awal musim panas lalu, mereka yakin mesin tersebut mampu bertahan hingga tujuh balapan berkat aspek reliabilitas yang terus meningkat.

Akhir musim lalu, FIA resmi mengambil keputusan untuk memperketat peraturan praktik pembakaran oli mesin yang digunakan untuk menambah tenaga (sekitar 60 daya kuda). Namun mulai musim 2018 jumlah tersebut dikurangi menjadi 0,6 liter per 100 km dari sebelumnya sejumlah 0,9 per 100 km.

Tim asal Maranello ini harus berpikir keras untuk mengambil keputusan agar tetap memiliki tenaga mesin yang sama degan musim lalu untuk tetap bisa bersaing dalam perburuan gelar musim ini, setelah dikandaskan Mercedes di F1 2017 musim lalu.

Dengan diperketatnya peraturan tersebut Ferrari akan bekerja sama dengan Shell sebagai pemasok bahan bakar tim tersebut untuk membuat bahan bakar yang memiliki nilai kalor yang lebih tinggi. Tak hanya di situ Shell juga harus bersaing dengan Petronas yang merupakan mitra Mercedes yang membawa mereka juara 4 kali berturut-turut sejak era mesin Hybrid V6 diperkenalkan di awal tahun 2014.

Ferrari juga menggaris bawahi performa apik Mercedes dalam sesi kualifikasi yang sekaligus menjadi kekuatan tim asal Jerman tersebut.

Artikel Tag: Ferrari, FIA, F1 2017, F1 2018

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ferrari-optimistis-mesin-mereka-mampu-bertahan-hingga-tujuh-balapan
860  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini