Fernando Alonso Sebut Kualifikasi F1 Jadi Sesi Terburuk Gegara FIA

Penulis: Ezi Yulia
Selasa 28 Nov 2023, 01:30 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso (Foto: planetf1.com)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Pebalap Aston Martin Fernando Alonso ingin melihat sebuah perubahan pada cara FIA mengatur Formula 1 (F1) dalam hal kualifikasi.

Ada banyak masalah dalam hal penentuan grid untuk Grand Prix musim ini, dengan para pebalap yang melaju sangat lambat di lintasan atau catatan waktu mereka dihapus karena melebihi batas lintasan.

FIA telah mencoba untuk membuat peraturan untuk mencegah beberapa masalah terkait lalu lintas dan mengemudi secara perlahan di sirkuit, namun hal tersebut tidak membantu situasi.

Fernando Alonso bahkan mengklaim bahwa sesi kualifikasi saat ini lebih buruk daripada sesi latihan dan dia ingin melihat perubahan pada 2024.

"Keluar tidak membantu atau memperburuk keadaan. Tidak banyak yang berubah, namun hal itu membuktikan bahwa format kualifikasi sudah usang," kata Alonso kepada media dalam akhir pekan GP Abu Dhabi.

"Sesi kualifikasi dulunya merupakan sesi terbaik di akhir pekan di mana mobil-mobil menjadi lebih hidup. Anda mengendarai mobil-mobil yang sangat cepat dan saat ini menjadi sesi terburuk di akhir pekan. Untuk tim, untuk pebalap, untuk manajemen lalu lintas, untuk batas lintasan," imbuhnya.

"Pergi ke steward, tidak menghormati delta, menghalangi orang, menghapus lap. Kami semua senang bahwa ini sudah berakhir dan seharusnya tidak seperti itu," pungkasnya.

Alonso mengakhiri musim balapan tahun ini di posisi keempat klasemen akhir pebalap dengan mengumpulkan 206 poin, jumlah yang sama dengan yang dikumpulkan oleh pebalap Ferrari, Charles Leclerc. Sementara itu, Aston Martin menduduki posisi kelima di klasemen akhir konstruktor.

(aw)

Artikel Tag: Fernando Alonso, aston martin

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fernando-alonso-sebut-kualifikasi-f1-jadi-sesi-terburuk-gegara-fia
215  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini