Bos Red Bull: Naiknya Bobot Mobil Pengaruhi Waktu Pit Stop

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 13 Mar 2022, 18:45 WIB
Red Bull, Sergio Perez

Sergio Perez

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Red Bull, Christian Horner, mengungkapkan bahwa kenaikan berat mobil musim ini membuat momen pergantian ban memakan waktu lebih lama dari sebelumnya.

Perubahan desain mobil, penggunaan ban berdiameter 18 inci, dan perbaikan langkah keselamatan membuat bobot mobil musim 2022 bertambah 43 kg dari musim lalu, yakni 752 kg. Kemungkinan bakal ada tambahan 3 kg karena beberapa perangkat mobil ternyata lebih berat dari yang diperkirakan.

Selain itu diameter ban yang membesar ditambah penutup menambah kerumitan saat penggantian dan pemasangan. Red Bull Racing, pemenang F1 DHL Fastest Pit Stop Award selama empat tahun beruntun, tentunya sangat terpukul.

Sejak awal, bos Die Roten Bullen, Christian Horner, mengingatkan anak buahnya jika trofi tersebut akan sulit mereka dapatkan lagi musim depan.

“Pit stop sedikit melambat sedikit. Ban lebih berat, tentu saja, kami punya cakram roda di dalamnya sekarang,” ujarnya dikutip dari Motorsport.com.

“Jadi saya ragu kami akan bisa melakukan pit stop dua detik, tapi semoga kami bisa lebih rendah dari dua detik, itu akan sangat solid,” tambah pria asal Inggris itu.

“Berkat jack man belakang, Olaf (Janssen), dia salah satu kru terbesar dari tim berdasarkan tinggi. Dia besar, orang Afrika Selatan yang kuat, karena Anda butuh sedikit kekuatan otot untuk membuat mobil turun ke lintasan,” ia melanjutkan.

Ukuran dan bobot mobil yang makin meningkat juga dipastikan akan merepotkan para pebalap. Mereka harus belajar lagi untuk mengontrol mobil dengan downforce yang baru.

“Mobil-mobil ini sangat masif, mereka seperti kapal, terutama di tikungan kecepatan rendah. Mereka hampir 800 kg, mereka lebih berat 50 kg dari tahun lalu, mereka lebih besar dan panjang. Namun, pada tikungan kecepatan tinggi, mereka kencang, kalau tidak sedikit lebih kencang,” tutur Horner.

“Tentu, mereka harus beradaptasi untuk mempelajari karakter mobil, downforce, regulasi baru, tapi luar biasa seberapa cepat mobil-mobil beradaptasi.”

Red Bull diketahui telah melakukan modifikasi paket aero pada hari terakhir tes pramusim di Bahrain, Sabtu (12/3). Dua pebalapnya sukses mencatatkan waktu tercepat, dimana Sergio Perez unggul di sesi pagi, sedangkan Max Verstappen memimpin best lap secara keseluruhan.

“Sergio tampak gembira dengan karakteristik mobil dan waktu lap kali ini tampak masuk akal. Tetap saja, sulit menarik kesimpulan, yang kami bisa lakukan adalah fokus pada program sendiri,” ungkap Horner.

“Kami sedang mengerjakan sesuai umpan balik pebalap dan mendapatkan data, itu tampaknya bertingkah seperti yang kami harapkan,” pungkasnya.

Artikel Tag: F1 2022, Red Bull

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/bos-red-bull-naiknya-bobot-mobil-pengaruhi-waktu-pit-stop
540  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini