Berita F1: Fernando Alonso Angkat Bicara Soal Perangkat Pelindung Kokpit Halo

Penulis: Hadi Bisono
Kamis 06 Okt 2016, 14:20 WIB
Berita F1: Fernando Alonso Angkat Bicara Soal Perangkat Pelindung Kokpit Halo

Pendapat Alonso Mengenai Penggunaan Konsep Halo

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Pebalap tim McLaren, Fernando Alonso, mengatakan ketika melihat Kevin Magnussen melompat keluar dari mobil Renaultnya setelah mobilnya terbakar saat latihan bebas di Sepang, memicu pendapat baru tentang konsep Halo sebagai perangkat keselamatan pada mobil F1.

Magnussen terpaksa melompat keluar dari mobil Renaultnya setelah ada cairan yang bocor di belakang airbox. Saat terjadi insiden, pebalap Denmark itu belum menggunakan pelindung kokpit Halo, dia menyoroti bahwa lima detik itu terlalu lama dalam kasus darurat.

Alonso, yang mencoba Halo untuk pertama kalinya di Singapura, menjelaskan pelindung kokpit membuatnya lebih sulit untuk masuk dan keluar dari kursi pengemudi dan merasa itu adalah pilihan yang masuk akal untuk menunda pengenalan perangkat keamanan baru. Hal itu dibutuhkan untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan mengenai konsep Halo.

Saat ini perangkat Halo akan diperkenalkan sebagai bagian dari peraturan keselamatan untuk semua mobil F1 pada musim 2018, berarti masih ada waktu satu tahun masa perbaikan dan penelitian sepanjang musim depan.

"Ketika saya mencoba Halo di Singapura, salah satu hal yang saya pikir adalah untuk keluar dari mobil sedikit tidak nyaman, bagaimana anda harus meletakkan kaki anda dan bagaimana anda harus melompat," kata Alonso. "Saya pikir, Jenson memiliki kaki panjang dan mungkin itu sedikit lebih mudah, tapi tidak bagi saya, bukan untuk Massa, tidak untuk beberapa pebalap lain.

"Untuk alasan ini, mungkin mereka sedikit menunda pengenalan Halo untuk memastikan kami melihat semua kemungkinan dan mungkin ada cara untuk membuat Halo dapat dilepas, entah bagaimana untuk memastikan bahwa kita bisa melompat keluar dari mobil sedikit lebih cepat."

Pada sisa musim 2016, semua pebalap sedang didorong untuk mencoba perangkat keselamatan Halo selama sesi latihan bebas dan kemudian memberikan masukan, sehingga perbaikan dapat dilakukan untuk meningkatkan desain dan penerapannya.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Kevin Magnussen, f1, halo

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/berita-f1-fernando-alonso-angkat-bicara-soal-perangkat-pelindung-kokpit-halo
1456  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini