Alasan Tim Indonesia Tidak Bersinar di M3 Menurut KB & Lius Andre

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Jumat 07 Jan 2022, 18:00 WIB
Alasan Tim Indonesia Tidak Bersinar di M3 Menurut KB & Lius Andre

KB dan Lius Andre via RevivaL TV

Ligaolahraga.com -

Berita Esports: Caster Mobile Legends KB, dan mantan esports manager Moonton Indonesia Lius Andre, mengutarakan beberapa pendapat mengenai alasan tim Indonesia gagal bersinar di M3 World Championship 2021.

Tim Indonesia selalu berhasil lolos ke ketiga edisi ajang internasional M Series. Alter Ego, EVOS Legends, ONIC Esports, dan RRQ Hoshi sudah pernah membuktikan kekuatannya sebagai perwakilan Indonesia di M1, M2, dan M3.

Sayangnya hanya EVOS Legends yang mampu bersinar dengan keluar sebagai juara pada M1, sedangkan pada dua edisi terakhir, M2 dan M3, tim Indonesia dibuat tunduk tim-tim internasional terutama tim Filipina.

Pada sesi MIPO melalui kanal YouTube-nya dilansir dari RevivaL TV, KB dan Lius Andre mengungkapkan beberapa opini terkait kekurangan para wakil Indonesia sehingga tak mampu berbicara banyak di M3 World Championship 2021, terutama faktor kedisiplinan in-game.

"Mungkin ada beberapa pemain yang masih kurang disiplin. Tapi gua juga bingung sama konotasi disiplin. Mungkin lebih ke bagian dapur aja. Gua gatau seberapa banyak pemain yang kurang disiplin dalam game," papar KB dikutip dari RevivaL TV.

Lius Andre menambahkan, performa tim-tim Indonesia di M3 bahkan berada di bawah tim debutan seperti BloodThirstyKings (BTK). Menurutnya, wakil-wakil Indonesia masih kalah dari segi disiplin in-game.

"Disiplin in-game menurut gua sendiri masih kurang ada di tim Indonesia saat M3. Even BTK terlihat lebih rapi dalam segi in-game," tambahnya dikutip dari RevivaL TV.

Masalah perihal disiplin in-game.juga merambat pada cara berkomunikasi para pemain. Sisi disiplin para pemain bisa dipicu oleh fokus yang berbeda-beda.

Kendati demikian, banyak pula faktor untuk membantu disiplin tim. Lius Andre dan KB menjelaskan, komunikasi yang baik di momen yang tepat bisa membuat tim tetap mampu memenangkan pertandingan.

"Gua udah pernah ngomong, kalau game ini butuh satu momen. Kalau bisa manfaatin permainan dengan baik, bisa saja akan terjadi comeback. Kuncinya ya di komunikasi itu. Akan ada celah kecil buat mereka curi kemenangan itu." Ungkap KB.

Artikel Tag: KB, Lius Andre, M3 World Championship 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/esports/alasan-tim-indonesia-tidak-bersinar-di-m3-menurut-kb-lius-andre
218  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini