UEFA Dinilai Diskriminasi Terhadap Pengguna Kursi Roda di Liga Champions

Penulis: Dwi Prima
Jumat 27 Mei 2022, 05:32 WIB
UEFA Dinilai Diskriminasi Terhadap Pengguna Kursi Roda di Liga Champions

Wheelchair Users / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: UEFA dituduh "diskriminasi" setelah hanya 93 kursi yang dialokasikan untuk final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid.

Stade de France yang berkapasitas 81.000 kursi telah dikurangi menjadi 75.000 untuk final tetapi kurangnya ketentuan untuk penggemar penyandang cacat, hanya 38 untuk setiap klub, telah dikritik oleh Asosiasi Pendukung Penyandang Cacat Liverpool.

UEFA mengklaim jumlah kecil itu karena "alasan operasional" tetapi Ted Morris, sekretaris LDSA, mengatakan itu tidak dapat diterima.

"Saya tidak berpikir kami memiliki final Liga Champions yang dapat menampung 500 pendukung kursi roda dan ini adalah kesempatan besar," katanya kepada kantor berita PA.

"Ini jelas kasus diskriminasi. Jika untuk alasan komersial maka itu hina.

"Banyak penggemar telah membuat rencana perjalanan karena Anda perlu mengambil kesempatan itu dan kemudian, lihatlah, ada 38 di stadion yang menampung 81.000.

"Ada 200 yang disediakan di Anfield, saya pikir kami akan mengambil 100 pengguna kursi roda.

"Saya memiliki dua anak laki-laki berusia 10 tahun dengan spina bifida yang duduk di dekat saya di Anfield dan bagaimana Anda menjelaskan kepada anak laki-laki Anda bahwa Anda bisa pergi ke Paris tetapi Anda tidak bisa pergi ke pertandingan? Saya bepergian dengan rasa bersalah yang besar."

UEFA mengatakan biasanya akan dapat mengalokasikan lebih banyak tetapi itu tidak mungkin pada kesempatan ini.

"Karena tantangan operasional, khususnya terkait dengan perubahan tempat untuk final dalam waktu singkat (Stade de France menggantikan Saint Petersburg hanya pada 25 Februari), kami dapat menetapkan 93 posisi kursi roda (76 dialokasikan untuk para penggemar kedua klub)," bunyi pernyataan.

"Untuk acara sebesar ini, kami biasanya bertujuan untuk mengidentifikasi jumlah posisi yang lebih tinggi tetapi karena kendala operasional (misalnya: keamanan, pemandangan yang buruk, dll) dan waktu persiapan yang singkat, tidak mungkin untuk menerapkan solusi optimal untuk lebih untuk posisi kursi roda."

Artikel Tag: UEFA, liga champions, Liverpool

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/uefa-dinilai-diskriminasi-terhadap-pengguna-kursi-roda-di-liga-champions
630  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini