Gantikan Ismail Kartal, Jose Mourinho Jadi Manajer Baru Fenerbahce

Penulis: Demos Why
Minggu 02 Jun 2024, 19:13 WIB
Jose Mourinho.

Jose Mourinho. (Foto: Antonietta Baldassarre/Insidefoto/LightRocket)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Jose Mourinho telah ditunjuk sebagai manajer baru klub raksasa Turki, Fenerbahce, menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Ismail Kartal.

Jose Mourinho akan melatih di negara kelima yang berbeda dalam karier internasionalnya yang terkenal setelah menyetujui kepindahannya ke Istanbul.

Fenerbahce baru-baru ini berpisah dengan pendahulunya, Ismail Kartal, setelah mereka kalah dari rivalnya, Galatasaray, dalam perebutan gelar juara Super Lig yang sangat kompetitif, di mana Fener meraih 99 poin dan hanya mengalami satu kekalahan, namun kalah dalam perolehan poin dari Gala yang mengoleksi 102 poin. Sudah satu dekade berlalu sejak terakhir kali mereka memenangkan gelar juara.

Mourinho kembali ke manajemen enam bulan setelah dipecat oleh Roma, di mana ia secara khusus membawa mereka meraih kejayaan dalam kampanye perdana Europa Conference League pada tahun 2022. Dia kemudian memimpin mereka ke final Liga Europa tahun lalu, di mana mereka dikalahkan Sevilla melalui adu penalti, tetapi penampilan buruk yang membuat Giallorossi turun ke posisi sembilan di Serie A membuat klub berpisah dengannya pada bulan Januari.

Sebelumnya, Mourinho menghabiskan lebih dari satu musim sebagai pelatih Tottenham Hotspur - satu-satunya klub yang menurutnya tidak membangun hubungan yang berarti, sebagian karena pandemi virus corona. Dia juga dipecat beberapa hari sebelum mereka akan menghadapi Manchester City di final Carabao Cup 2021.

Masa-masa terbaik Mourinho sebagai manajer terjadi pada tahun 2000-an dan 2010-an. Dia memenangkan Piala UEFA dan Liga Champions secara beruntun bersama Porto pada 2003 dan 2004. Kemudian, sebagai pelatih yang sedang naik daun, Mourinho dipinang Chelsea, di mana ia memenangkan dua gelar Premier League secara beruntun.

Inter memenangkan dua gelar Serie A dan treble pertama di Italia pada tahun 2010 di bawah kepemimpinan Mourinho, yang kemudian bergabung dengan Real Madrid untuk menumbangkan tim Barcelona arahan Pep Guardiola. Ia kembali ke Chelsea pada 2013, membawa The Blues meraih gelar Premier League lagi pada 2015, sebelum akhirnya dipecat dan bergabung dengan Manchester United. The Red Devils memenangkan tiga trofi bersama Mourinho di ruang ganti dan raihan 81 poin mereka pada musim 2017/18 merupakan yang tertinggi di era pasca-Sir Alex Ferguson.

Artikel Tag: Jose Mourinho, fenerbahce

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/gantikan-ismail-kartal-jose-mourinho-jadi-manajer-baru-fenerbahce
208  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini