Di Babak 8 Besar Liga Champions, MU Harus Mengalah Pada City

Penulis: Demos Why
Jumat 15 Mar 2019, 06:28 WIB
Di Babak 8 Besar Liga Champions, MU Harus Mengalah Pada City

Pemain Manchester United dan Manchester City (Reuters)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Champions: Federasi Sepakbola Eropa [UEFA] telah memutuskan bahwa Manchester United harus mengalah pada Manchester City terkait laga kandang di babak perempat final Liga Champions. Memangnya kenapa?

Baik Manchester United dan Manchester City sendiri telah dipastikan melaju ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Setan Merah berhasil mengamankan satu tiket usai meraih kemenangan dramatis 1-3 atas Paris Saint-Germain. Meski kedua tim memiliki agregat yang sama yakni 3-3, namun MU berhak lolos lantaran unggul agresivitas gol tandang.

The Cityzens dipastikan lolos dengan agregat meyakinkan 10-2 atas Schalke 04. Menang 3-2 di pertemuan pertama, City lantas mengamuk pada pertemuan kedua di Etihad Stadium dan menghancurkan wakil Bundesliga itu dengan skor telak 7-0.

Di babak delapan besar nanti, tak ada lagi aturan yang mengharamkan dua tim yang berasal dari federasi sama untuk saling berhadapan. Artinya empat tim wakil Premier League yakni MU, City, Tottenham Hotspur, dan Livepool berpeluang untuk saling membunuh di babak ini.

Namun terkait peluang dua tim yang berasal dari kota yang sama untuk menggelar pertandingan kandang secara berbarengan, UEFA ternyata punya aturan khusus. Pihak UEFA tidak akan membiarkan dua tim dari kota yang sama menggelar laga kandang di malam yang sama atau sehari setelahnya. Hal ini menyinggung MU dan City yang sama-sama berasal dari kota Manchester.

Berdasarkan peraturan UEFA, United yang memiliki peringkat lebih rendah ketimbang City pada musim lalu maka mereka wajib mengalah. Artinya armada Ole Gunnar Solskjaer itu harus menggelar pertandingan kandang belakangan ketimbang City.

Sebagai contoh, jika MU dan The Cityzens mendapatkan jatah laga kandang pertama, maka Setan Merah harus mengalah dengan melakoni laga tandang lebih dulu. Namun jika kedua tim mendapatkan jatah laga tandang, maka The Sky Blues yang akan didahulukan untuk menggelar laga kandang.

"Manchester City dan Manchester United tidak diperbolehkan menggelar laga kandang di hari yang sama atau dua hari beruntun, menyusul keputusan yang dibuat oleh otoritas pemerintah lokal," tulis pernyataan resmi UEFA.

"Jika hasil undian mengharuskan kedua tim bermain di pekan yang sama, maka tim yang finis lebih rendah di kompetisi domestik musim sebelumnya - dalam hal ini Manchester United - akan ditukar jadwalnya menurut aturan Komite Kompetisi Antarklub UEFA."

"Demikian halnya dengan potensi serupa di semifinal, karena alasan yang sama, akan dikonfirmasi lebih lanjut usai perempatfinal."

Artikel Tag: Manchester City, Manchester United, liga champions

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/di-babak-8-besar-liga-champions-mu-harus-mengalah-pada-city
15567  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini