Ukuran Patung Allen Iverson Bikin Salah Paham, Sixers Dianggap Tidak Hormat

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 14 Apr 2024, 10:33 WIB
Allen Iverson (kanan) berpose dengan patungnya yang diresmikan di depan kompleks latihan tim di Camden. (Foto: AP)

Allen Iverson (kanan) berpose dengan patungnya yang diresmikan di depan kompleks latihan tim di Camden. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Pada hari Jumat (12/4), Philadelphia 76ers meresmikan patung untuk menghormati salah satu legenda mereka, Allen Iverson, namun patung tersebut malah banyak dikritik karena ukurannya dianggap terlalu kecil.

Setelah foto dan video Iverson berpose dengan patungnya menyebar di media sosial, Iverson menjadi topik trending nomor 1 di X. Berdasarkan lebih dari 15.000 pos di platform tersebut yang bereaksi terhadap ukuran karya seni baru ini, banyak pengguna gagal menyadari bahwa Iverson diabadikan dalam ukuran standar untuk 76ers.

Iverson adalah legenda ke-10 Sixers yang dibikinkan patung di Legends Walk yang terletak di depan kompleks latihan tim di Camden.

Pada hari Jumat, dia bergabung dengan Charles Barkley, Wilt Chamberlain, Julius Erving, Maurice Cheeks, Moses Malone, Billy Cunningham, Hal Greer, Bobby Jones, dan Dolph Schayes yang dihormati dalam bentuk patung.

Semua patung untuk para pemain yang disebutkan di atas memiliki ukuran yang sekitar sama dengan patung Iverson.

Seperti yang dicatat oleh reporter ESPN Dave McMenamin, masuk akal jika ukurannya dapat "mengejutkan beberapa orang," tetapi ini normal untuk kumpulan patung di sana.

Meskipun demikian, pengumuman pendirian patung untuk Iverson dilakukan bulan lalu, tepat pada ulang tahun ke-10 dipensiunkannya jersey nomor 3 milik Iverson oleh franchise itu.

Momen tersebut membangkitkan pengingat atas pencapaian Iverson, termasuk memenangkan Penghargaan Rookie NBA tahun 1997 dan penghargaan MVP pada tahun 2001.

Pemain All-Star tujuh kali ini seringkali dominan meski hanya memiliki tinggi 6 kaki dan sering menjadi salah satu pemain terkecil di lapangan.

Mengingat pencapaiannya dalam mencetak skor dan ukuran tubuhnya, peresmian patung pada Jumat lalu tidak diterima baik dengan beberapa tokoh media dan mantan pemain NBA:

"Allen Iverson tidak mendapatkan penghargaan yang pantas dengan "patung" tersebut di Philly. 76ers perlu mengubah kebijakannya, karena itu bukanlah patung, itu adalah sebuah trofi," kata @EmmanuelAcho. Atau kata @Lexiebrown, "Nahhhhh mengapa patung Allen Iverson miniatur ???"

Respon lain dari atlet, penggemar, jurnalis, dan rapper cenderung mengambil rute komedi: "Apa ini??? Patung untuk semut?" kata @nba_paint. "AI seharusnya melangkahi patung itu seperti halnya dia melangkahi Ty Lue," kata @FreddieGibbs.

Perlu dicatat bahwa pernyataan 76ers mengumumkan patung merujuk pada Iverson sebagai "salah satu dari 76ers terhebat yang pernah ada dan salah satu pemain paling ikonik dalam sejarah NBA."

Patung tersebut dibuat oleh seniman Chad Fisher, seorang warga asli Philadelphia yang juga membuat sembilan patung lainnya di Legends Walk, bersama dengan beberapa patung untuk Chicago Bears.

Allen Iverson juga akan diberikan penghormatan pada hari Minggu (14/4) sebelum pertandingan 76ers melawan Brooklyn Nets.

Artikel Tag: Allen Iverson

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/ukuran-patung-allen-iverson-bikin-salah-paham-sixers-dianggap-tidak-hormat
214  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini