Juara NBA Empat Kali Andre Iguodala Pensiun Setelah Berkarier 19 Musim

Penulis: Hanif Rusli
Sabtu 21 Okt 2023, 15:11 WIB
Dalam 19 musim, juara NBA empat kali Andre Iguodala rata-rata mencetak 11,3 poin, 4,9 rebound, dan 4,2 assist dalam 1.231 pertandingan. (Foto: ESPN)

Dalam 19 musim, juara NBA empat kali Andre Iguodala rata-rata mencetak 11,3 poin, 4,9 rebound, dan 4,2 assist dalam 1.231 pertandingan. (Foto: ESPN)

Ligaolahraga.com -

Andre Iguodala, juara NBA empat kali bersama Golden State Warriors, telah mengumumkan pengunduran dirinya hampir dua dekade setelah memasuki liga.

MVP Final NBA 2015 ini mengatakan pada Jumat (20/10) pagi bahwa ia akan pensiun dari NBA. Dalam 19 musim, Iguodala rata-rata mencetak 11,3 poin, 4,9 rebound dan 4,2 assist dalam 1.231 pertandingan. Pemain All-Star 2012 ini mengatakan bahwa ia menolak ketertarikan dari Warriors dan beberapa tim lain sebelum memutuskan untuk pensiun.

"Ini adalah waktu yang tepat," kata Andre Iguodala, 39 tahun, dalam sebuah wawancara telepon. "Waktu mulai terbatas bagi saya, dan saya tidak ingin menaruh apa pun di kursi belakang. Saya tidak ingin mencoba mendelegasikan waktu lagi. Terutama di lapangan, di luar lapangan dengan keluarga. Sangat banyak.

"Anda ingin bermain di level yang tinggi. Namun, keluarga sangatlah banyak. Anak laki-laki saya berusia 16 tahun dan kemudian dua anak perempuan. Jadi (saya) tidak sabar untuk melihat mereka tumbuh di tahun-tahun penting itu."

Mantan bintang Arizona ini merupakan pilihan kesembilan dalam draft NBA 2004. Pemain bertinggi 6 kaki 6, 215 pon ini tampil di All-Star bersama Philadelphia 76ers pada 2012 dan mencetak rata-rata 19,9 poin per pertandingan dengan tim tersebut selama musim 2007-08.

Forward yang berpikiran defensif ini dua kali masuk dalam All-NBA Defensive Team, dan terpilih ke First Team NBA pada musim 2013-14. Andre Iguodala juga merupakan peraih medali emas Olimpiade London 2012 dan juara dunia 2010 bersama USA Basketball. Ia berada di urutan ke-39 dalam sejarah NBA dalam hal jumlah pertandingan yang dimainkan.

Andre Iguodala pernah bermain untuk 76ers, Denver Nuggets dan Miami Heat. Dampak terbesarnya dibuat bersama Warriors. Pemilik Warriors, Joe Lacob, mengatakan pada 2019 bahwa ia berencana memensiunkan nomor punggung 9 milik Iguodala setelah ia pensiun.

"Andre Iguodala adalah bagian besar dari empat tim juara NBA bersama Warriors dan akan selamanya dikenang atas kontribusinya terhadap franchise kami, baik di dalam maupun di luar lapangan," kata Lacob dalam sebuah pernyataan.

"Pendekatannya yang mengutamakan tim, yang kami saksikan segera setelah kedatangannya di Golden State, membantu menentukan sebagian besar kesuksesan kami, seperti halnya dampak yang ia berikan pada pertahanan,” ujar Lacob, “Kami berharap dapat mengangkat nomor punggung 9 ke atas langit-langit Chase Center di masa depan, dan kami mendoakan yang terbaik untuknya dalam apa yang pasti akan menjadi usaha yang sangat sukses setelah kariernya sebagai pemain ke dunia bisnis."

Pada Juli 2013, Iguodala menolak kontrak lima tahun dengan Nuggets untuk bergabung dengan Warriors melalui sign-and-trade dengan kontrak empat tahun senilai 48 juta dolar AS. Hal itu terbukti menjadi langkah terbaik dalam karierrnya. Ia memenangkan gelar juara NBA bersama tim ini pada 2015, 2017, 2018 dan 2022. Setelah pindah ke Miami, Iguodala memainkan dua musim terakhir dalam kariernya bersama Warriors dan bermain dalam delapan pertandingan musim lalu.

"Kami memenangkan empat gelar juara; hal tersebut belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Andre Iguodala. "Hanya ada beberapa tim yang bisa mengatakan hal itu. Ada Bulls, Lakers, Celtics, kami, dan hanya itu. Tidak ada organisasi lain yang pernah seperti ini.”

“Dan saya pikir ini adalah bukti bahwa kami percaya satu sama lain,” lanjutnya. “Bermain dengan cara yang benar. Pertandingan itu dimainkan dengan indah dan berjalan di waktu yang tepat bagi saya, tepat pada saat saya berada dalam kondisi terbaik.”

“Dan segala sesuatunya terjadi sebagaimana mestinya saat itu terjadi, dan itu membuat Anda benar-benar memperkuat keyakinan Anda,” tambahnya. “Anda hanya perlu menyerahkan semuanya kepada orang lain dan berkata, 'Biarkan saya bermain dengan kemampuan maksimal saya berdasarkan kerja keras yang saya lakukan dan fokus bahwa apa yang telah saya lakukan selama ini telah terbayar."

Puncak karier NBA Andre Iguodala terjadi selama Final 2015, ketika ia dinobatkan sebagai MVP untuk pertahanannya terhadap bintang Cleveland Cavaliers, LeBron James. James menembakkan 38,1% dari lapangan di seri Final tersebut ketika Iguodala menjaganya, dibandingkan dengan 44% ketika dijaga oleh pemain lainnya. Iguodala juga mencatatkan rata-rata 16,3 poin, 4,0 assist dan 5,8 rebound dalam enam pertandingan seri tersebut.

Iguodala juga memberikan dampak bagi rekan-rekannya di NBA dengan menjadi anggota komite eksekutif National Basketball Players Association dari 2015 hingga 2023. Mantan presiden NBPA, Chris Paul, memuji Iguodala, yang terakhir kali menjabat sebagai wakil presiden pertama, karena membantunya menghadapi tantangan kompetisi NBA Bubble di Walt Disney World di Orlando, Florida, pada 2020 selama pandemi virus corona.

Artikel Tag: Andre Iguodala

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/juara-nba-empat-kali-andre-iguodala-pensiun-setelah-berkarier-19-musim
377  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini