Soniia Cheah Umumkan Pensiun Dari Bulu Tangkis

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 14 Des 2022, 15:00 WIB
Soniia Cheah Umumkan Pensiun Dari Bulu Tangkis

Soniaa Cheah/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mantan tunggal putri nomor satu tim nasional Malaysia, Soniia Cheah akhirnya memutuskan berhenti dari olahraga bulu tangkis yang telah membesarkan namanya.

Pemain berusia 29 tahun, yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020, mengatakan kepada Timesport bahwa sudah waktunya untuk menghentikan karirnya yang diganggu oleh cedera sejak 2013.

Meski mengakui bahwa itu adalah keputusan yang sulit karena kecintaannya pada olahraga tersebut, Soniia mengaku tidak bisa lagi memaksakan tubuhnya hingga batasnya.

“Saya harus berhenti karena cedera taji tulang saya kambuh yang menyebabkan banyak rasa sakit. Kadang-kadang sulit untuk tidur di malam hari karena rasa sakitnya muncul begitu saja,” katanya.

“Saya merasa sedih untuk pensiun karena saya sangat menyukai permainan ini. Saya juga tahu bahwa saya bisa melangkah lebih jauh jika bukan karena cedera saya. Namun, tidak ada penyesalan karena hanya saya yang tahu berapa banyak rasa sakit yang saya alami sejak 2013 dan banyak operasi yang saya jalani di pergelangan kaki saya.”

"Bahkan ketika semua orang meragukan saya, saya tetap maju dan bermain bulutangkis kompetitif," tambah Soniia yang membuat penampilan terakhirnya di level tertinggi, ketika dia lolos ke Kejuaraan Dunia di Tokyo pada Agustus.

Soniia Cheah telah memutuskan untuk melanjutkan studinya di ilmu olahraga sambil menjalankan bisnis makanan, dan akademi bulu tangkis swasta di sampingnya.

Dia berterima kasih kepada BA Malaysia (BAM), yang telah merawatnya sejak usia 13 tahun.

“Saya ingin berterima kasih kepada BAM karena telah mengembangkan dan memelihara bakat saya. Merupakan suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari tim nasional selama 15 tahun. Dengan menjadi pemain independen, saya menjadi lebih kuat, dewasa, dan belajar banyak tentang kehidupan,” ujarnya.

Di antara prestasi penting Soniia adalah meraih perak di Sea Games 2017, dan Kejuaraan Nasional pada 2018 dan 2019.

Artikel Tag: Soniia Cheah, Pensiun

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/soniia-cheah-umumkan-pensiun-dari-bulu-tangkis
465  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini