Keputusan Mundur Dari Kejuaraan Asia Demi Karir Panjang Ng Tze Yong

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 01 Apr 2024, 13:30 WIB
Keputusan Mundur Dari Kejuaraan Asia Demi Karir Panjang Ng Tze Yong

Ng Tze Yong/[Fot:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mantan pemain internasional Datuk Rashid Sidek yakin keputusan menarik pemain tunggal putra Ng Tze Yong dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia bisa menyelamatkan kariernya.

Terlepas dari Ng Tze Yong yang harus melupakan kualifikasi Olimpiade Paris dengan melewatkan turnamen pada 9-14 April di Ningbo, Tiongkok, Rashid lebih mengkhawatirkan kehidupan pemain berusia 23 tahun itu setelah karir bulu tangkis.

Rashid merasa bahwa pemain tersebut dapat melukai punggungnya yang cedera dengan terburu-buru mengikuti kompetisi.

Kemarin, direktur pelatih nasional Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Rexy Mainaky mengatakan ahli bedah, fisioterapis, pelatih, dan Tze Yong sampai pada kesimpulan bahwa yang terbaik bagi pemain peringkat 18 dunia itu adalah melewatkan turnamen tersebut.

Rashid memperingatkan bahwa hampir tidak mungkin untuk pulih dari operasi punggung dalam beberapa minggu dan Tze Yong harus diberi waktu yang cukup untuk memperkuat punggungnya.

Faktanya, mantan pemain hebat itu mengatakan Tze Yong hanya boleh kembali ketika dia siap secara fisik dan mental untuk acara tur dunia Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

“Tentu saja, melewatkan Olimpiade adalah kekecewaan besar bagi seorang pemain, tetapi Tze Yong akan mempertaruhkan kariernya dengan kembali ke kompetisi terlalu cepat. Dia selalu bisa mengincar Olimpiade Los Angeles 2028 tapi karirnya akan hilang jika cederanya kambuh,” kata Rashid.

"Jika seorang pemain menjalani operasi punggung, ia perlu menjalani perawatan dan rehabilitasi lebih lama karena kecelakaan kecil sekalipun dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki."

“Kejuaraan Asia tidak akan mudah karena Tze Yong harus menghadapi lawan yang tangguh dan dia bisa saja terancam memperburuk kondisinya. Kekhawatiran terburuknya adalah dia mungkin akan pensiun dini jika ada cedera punggung lagi di turnamen tersebut," ungkapnya.

“Biarkan dia pulih sepenuhnya dan luangkan waktu untuk kembali. Tiga atau empat bulan jika dia membutuhkan waktu sebanyak itu. Dia baru berusia 23 tahun. Jika dia bisa menjaga kebugarannya dan tidak menyerah, Tze Yong pasti bisa mendapatkan kesempatan di Olimpiade 2028.”

Jika Ng Tze Yong mengindahkan saran tersebut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, berarti ia juga harus melewatkan Final Piala Thomas di Chengdu, China pada 26 April-5 Mei.

Rashid berharap BAM tidak mengambil risiko dengan menurunkan Tze Yong ke Final.

“Kami tidak memiliki banyak pilihan di nomor tunggal dan BAM mungkin berharap untuk memasukkannya ke dalam skuad Piala Thomas tetapi itu akan menjadi pertaruhan,” tambah Rashid.

“Jika itu adalah cedera lutut atau pergelangan kaki, itu masih bisa diatasi tetapi kami tidak bisa mengambil risiko dengan cedera punggung."

“Jika Tze Yong tidak menjaga dirinya sendiri, cedera ini dapat menyebabkan dia menderita setelah pensiun dan mata pencahariannya dapat terpengaruh. Kami menginginkan yang terbaik untuknya tetapi kami juga harus berhati-hati agar tidak kehilangan pemain berkualitas lainnya karena cedera.”

Ng Tze Yong sangat terpukul karena harus mundur dari Kejuaraan Asia tetapi berjanji untuk kembali dengan kuat.

“Saya berkomitmen untuk fokus pada rehabilitasi saya untuk kembali lebih kuat. Saya berharap bisa kembali ke lapangan secepatnya agar bisa berkontribusi untuk tim di masa depan,” kata Tze Yong.

BAM mungkin tak perlu diingatkan bahwa cedera punggung yang dialami Tze Yong semakin parah saat bermain di kejuaraan beregu Bulu Tangkis Asia di Shah Alam bulan lalu dan akhirnya terpaksa menjalani operasi.

Godaan akan selalu ada untuk memanfaatkan jasa Ng Tze Yong di Piala Thomas, tetapi akan sangat bermanfaat bagi pebulutangkis jika ia tidak dipertimbangkan untuk pertandingan besar tahun ini.

Artikel Tag: ng Tze Yong, rexy mainaky, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/keputusan-mundur-dari-kejuaraan-asia-demi-karir-panjang-ng-tze-yong
501  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini