Diunggulkan, Hendrawan Desak Bintang Dunia Ini Segera Unjuk Kemampuan

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 12 Agu 2020, 12:30 WIB
Diunggulkan, Hendrawan Desak Bintang Dunia Ini Segera Unjuk Kemampuan

Lee Zii Jia/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton : Terakhir kali Lee Zii Jia bermain di turnamen lokal adalah pada bulan Maret tahun lalu, namun berakhir dengan menyedihkan. Zii Jia masuk ke Kejuaraan Nasional sebagai favorit tetapi dikandaskan oleh Datu Mohd Shah Eizlan Sardik di babak 16 besar.

Tujuh belas bulan kemudian, pemain nomor 1 nasional itu akan diuji lagi ketika Kejuaraan Internal Federasi Badminton Malaysia (BAM) berlangsung di Akademi Badminton Malaysia (ABM) hari ini (12/8).

Kali ini, Zii Jia hadir dengan penampilan yang lebih kuat. Selain peringkat 10 dunia, ia juga juara SEA Games dan semifinalis All England, turnamen terakhir sebelum musim dihentikan pada Maret lalu.

Di atas kertas setidaknya, Zii Jia diperkirakan akan mendominasi turnamen diantara delapan orang yang juga meliputi Liew Daren, Soong Joo Ven, Cheam June Wei, Leong Jun Hao, Aidil Sholeh Ali Sadikin, Ng Tze Yong dan Lim Chong King.

Pelatih kepala tunggal putra tim nasional Malaysia asal Indonesia, Hendrawan telah mendukung Zii Jia untuk menjadi yang teratas, tetapi banyak tergantung pada seberapa baik dia mengatasi ekspektasi dan seberapa cepat dia mendapatkan kembali daya saing pertandingannya setelah lama absen.

“Jika dia bisa bermain seperti biasa dan dengan kemampuannya yang sebenarnya, saya yakin dia akan memenangkan kejuaraan,” kata Hendrawan.

“Tapi salah satu kekhawatirannya adalah bahwa ketidakpastian kapan kompetisi internasional akan dilanjutkan mungkin sedikit meresahkannya. Dia telah berlatih selama lebih dari dua bulan tanpa turnamen. Itu adalah waktu terlama yang dia jalani tanpa persaingan," ungkapnya.

“Dia juga mengatakan bahwa kelelahan mulai muncul. Itu dapat menyebabkan penurunan konsentrasi. Tapi saya meyakinkan dia bahwa tidak apa-apa merasa seperti itu. Itu manusiawi," tambah Hendrawan.

Hendrawan juga mendesak Zii Jia untuk tidak memberikan tekanan yang tidak perlu pada dirinya sendiri terhadap lawan yang berperingkat lebih rendah.

“Status Zii Jia berbeda sekarang. Dia peringkat 10 dunia, pemain top negara tapi itu tidak berarti Anda tidak bisa dikalahkan oleh juniornya atau pemain independen," katanya.

“Bermain melawan teman dan rekan setimnya sendiri tidaklah mudah karena mereka sangat memahami permainannya. Pada titik tertentu, dia akan kalah dari pemain berperingkat lebih rendah, itu tidak terhindarkan karena dia masih muda,” Hendrawan menjelaskan.

Hendrawan mengatakan pertarungan antara dua negara teratas yakni Zii Jia dan Daren harus menjadi sorotan minggu ini.

"Ini akan menarik untuk disaksikan karena Zii Jia dan Daren belum pernah bertemu dalam pertandingan resmi sebelumnya," tambah juara dunia 2001 itu.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Daren Liew, hendrawan

1543  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini