Juara Dunia Shymbergenov Lolos Ke Perempat Final Tinju Asian Games Hangzhou

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 29 Sep 2023, 19:23 WIB
Petinju China Zhang Jiamao (kanan) beraksi dalam partai babak 16 besar melawan Nguyen Minh Cuong dari Vietnam di kelas 51kg putra di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Petinju China Zhang Jiamao (kanan) beraksi dalam partai babak 16 besar melawan Nguyen Minh Cuong dari Vietnam di kelas 51kg putra di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Ligaolahraga.com -

Juara dunia tinju amatir Aslanbek Shymbergenov dari Kazakhstan mengalahkan wakil tuan rumah China Wang Peicheng pada babak 16 besar kategori kelas menengah ringan atau 71kg putra di cabang tinju Asian Games Hangzhou pada Kamis (28/9/2023).

Selanjutnya, Shymbergenov akan bertemu juara dunia kelas welter asal Uzbekistan, Asadkhudja Muydinkhudjayev, dalam laga perempat final.

Wakil China lainnya, Zhang Jiamao dan Yang Wenlu, meraih kemenangan untuk mencapai babak delapan besar di kelas 51kg putra dan 60kg putri.

Bintang baru Wang yang berusia 21 tahun kurang beruntung dalam undian karena ia menghadapi Shymbergenov, juara dunia dan Asia serta runner-up Asian Games 2018. Shymbergenov menang dengan skor 4-0.

Di partai lainnya, Zhang mengalahkan Nguyen Minh Cuong dari Vietnam dengan skor 5-0 di kelas 51kg putra, dan Yang mengalahkan Ha Thi Linh dari Vietnam dengan skor 5-0 di kelas 60kg putri. "Saya puas dengan penampilan saya hari ini, dan tujuan saya di sini sederhana, hanya memenangkan kejuaraan," kata Yang.

Petinju perempat finalis Olimpiade Tokyo asal Uzbekistan, Raykhona Kodirova, tampil mengesankan pada pertandingan pertama di sesi malam hari, ia menjalani pertarungan yang cepat dan sukses melawan petinju Qatar, Dana Al-Jabor, di kelas ringan (60kg) putri.

Petinju Uzbekistan berusia 30 tahun ini kembali ke tim nasional setelah beristirahat sejenak, namun ia terlalu kuat bagi petinju wanita pertama Qatar dalam sejarah Asian Games. Ia kini akan bertanding untuk memperebutkan kuota Olimpiade dan medali yang sudah pasti dengan petinju asal China Taipei, Wu Shih Yi.

Nomin-Erdene Tugsjargal dari Mongolia merupakan peraih medali perak yang mengejutkan di Kejuaraan Tinju Elite Asia ASBC satu tahun yang lalu dan ia mencatat penyelesaian yang luar biasa untuk mengalahkan Ayaka Taguchi dari Jepang di kelas ringan (60kg) putri.

Mantan juara Yunior Asia berusia 20 tahun itu akan menghadapi lawan tangguh, Yang Wenlu dari China, seorang juara dunia, yang sebelumnya menyingkirkan pemenang SEA Games Vietnam, Ha Thi Linh.

Kelas terbang putra (51kg) adalah salah satu kategori yang sangat kuat di Asian Games, juara dunia 2021 asal Jepang, Tomoya Tsuboi, harus bertemu dengan wakil India, Deepak Bhoria, di babak 16 besar pada sesi malam hari.

Petinju India itu adalah peraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia baru-baru ini, tetapi hari itu petinju Jepang yang cepat mengalahkannya dengan skor 4-1. Lawan Tsuboi berikutnya adalah Nurzhigit Dyushebayev dari Kyrgyzstan yang menekuk Abdul Jabar Popalzai dari Afghanistan.

Peraih medali ASBC Asia asal Pakistan, Zohaib Rasheed, harus menunggu hingga hari pertandingan kelima untuk membuka kampanyenya melawan petinju Uni Emirat Arab, Sultan Al-Nuaimi.

Rasheed memiliki keunggulan tinggi badan untuk menjaga jarak terbaik dalam kontes ini sejak detik pertama hingga terakhir dan ia dapat mempersiapkan diri untuk selanjutnya menghadapi petinju Uzbekistan, Hasanboy Dusmatov.

Juara dunia 2021 asal Jepang, Sewon Okazawa, menghadapi laga kunci di babak 16 besar dalam divisi menengah ringan (71kg) putra, namun ia meraih kemenangan tipis atas atlet Yordania, Zeyad Eshaish, dalam laga ini.

Okazawa akan menghadapi laga berat berikutnya, karena lawannya adalah Nishant Dev dari India, yang mengalahkan Bui Phuoc Tung dari Vietnam dalam laga berikutnya.

Kompetisi tinju di Asian Games Hangzhou akan berlanjut hingga 5 Oktober, dengan 237 petinju dari 38 negara dan kawasan yang akan memperebutkan 13 medali emas.

Artikel Tag: Asian Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/juara-dunia-shymbergenov-lolos-ke-perempat-final-tinju-asian-games-hangzhou
849  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini