Novak Djokovic Torehkan Loncatan Terbesar Menuju Peringkat 1 Dunia

Penulis: Dian Megane
Senin 30 Jan 2023, 14:18 WIB
Kembali bertengger di peringkat 1, Novak Djokovic torehkan sejarah lain

Novak Djokovic di Australian Open 2023

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Serbia, Novak Djokovic telah menorehkan banyak sejarah di sepanjang kariernya, termasuk terkait dengan peringkat 1 dunia.

Petenis berusia 35 tahun memegang rekor untuk pekan terbanyak yang ia habiskan sebagai petenis peringkat 1 dunia dengan 373 pekan dan mengakhiri satu musim dengan menghuni peringkat tersebut sebanyak tujuh kali. Pada hari Senin (30/1), ia akan kembali menorehkan sejarah.

Setelah memenangkan gelar Australian Open kesepuluh pada hari Minggu (29/1), Djokovic kembali bertengger di peringkat 1 dunia dan dengan melakukan hal tersebut, ia melakukan lompatan terbesar untuk menghuni posisi puncak sejak musim 1973. Ia naik dari peringkat 5 dunia menjadi peringkat 1 dunia.

Pencapaian tersebut membuat petenis yang kini mengoleksi 22 gelar Grand Slam, mengungguli Carlos Alcaraz, Pete Sampras, Andre Agassi, dan Carlos Moya.

Petenis

Loncatan Peringkat

Tanggal

Novak Djokovic

Peringkat 5 menjadi peringkat 1

30 Januari 2023

Carlos Alcaraz

Peringkat 4 menjadi peringkat 1

12 September 2022

Pete Sampras

Peringkat 4 menjadi peringkat 1

11 September 2000

Andre Agassi

Peringkat 4 menjadi peringkat 1

5 Juli 1999

Carlos Moya

Peringkat 4 menjadi peringkat 1

15 Maret 1999

Jika petenis berkebangsaan Serbia tetap menghuni peringkat 1 dunia sampai 20 Februari mendatang, ia akan menyamai rekor mantan petenis berkebangsaan Jerman, Stefanie Graf sebagai petenis yang paling lama menghuni peringkat 1 dunia, baik di dunia tenis putri maupun putra, selama 377 pekan. Jika ia mempertahankan posisi tersebut sampai 27 Februari, ia bahkan akan melampaui rekor Graf.

Petenis berusia 35 tahun, Djokovic bukan satu-satunya petenis yang berkompetisi demi peringkat 1 dunia di final Australian Open musim 2023. Petenis berkebangsaan Yunani juga berpeluang menghuni peringkat 1 dunia, tetapi ia tidak mampu mengatasi permainan impresif petenis berkebangsaan Serbia.

Tsitsipas akan kembali ke peringkat 3 dunia, setelah Djokovic dan Alcaraz. Ia akan terpaut 875 poin dari petenis berkebangsaan Serbia. Tetapi setelah kehilangan 480 poin pada bulan Februari (setelah musim lalu ia lolos ke final Rotterdam Open dan semifinal Acapulco), petenis berusia 24 tahun hanya akan kehilangan 135 poin pada bulan Maret (babak 32 besar di Indian Wells dan babak 16 besar di Miami), memberinya peluang untuk menuju posisi puncak.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-torehkan-loncatan-terbesar-menuju-peringkat-1-dunia
581  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini