Hasil US Open: Emma Raducanu Torehkan Sejarah Dengan Maju Ke Final

Penulis: Dian Megane
Jumat 10 Sep 2021, 15:01 WIB
Emma Raducanu bersinar di US Open 2021 sebagai qualifier

Emma Raducanu jadi qualifier pertama yang maju ke final Grand Slam di US Open 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Inggris, Emma Raducanu mempertahankan performa dominan di US Open, New York dengan menjejakkan kaki di partai puncak.

Petenis berkebangsaan Inggris sukses menumbangkan petenis peringkat 18 dunia, Maria Sakkari dengan hasil meyakinkan 6-1, 6-4 di semifinal US Open demi melenggang ke final Grand Slam untuk kali pertama dalam kariernya. Ia pun menjadi qualifier pertama, baik dari nomor putri maupun putra, yang pernah lolos ke final turnamen paling bergengsi tersebut.

Petenis berusia 18 tahun akan berhadapan dengan petenis berusia 19 tahun, Leylah Annie Fernandez di babak perebutan gelar US Open musim ini. Final tersebut akan menjadi final Grand Slam pertama yang mempertemukan dua petenis belia sejak Serena Williams mengalahkan Martina Hingis di US Open musim 1999.

Prestasi petenis berusia 18 tahun juga mematahkan tiga penantian panjang Inggris. Ia menjadi finalis Grand Slam termuda dari Inggris dalam 62 musim terakhir, petenis putri Inggris pertama yang melaju ke final Grand Slam dalam 44 musim terakhir, dan ia menjadi petenis putri Inggris pertama yang lolos ke final US Open dalam 53 musim terakhir.

“Sejujurnya, saya belum bisa mempercayainya. Kejutan. Sungguh gila,” seru Raducanu.

Baru melakoni turnamen sebesar itu untuk kali kedua dalam kariernya dan debut di US Open, petenis kelahiran Toronto belum kehilangan satu set pun di sepanjang enam pertandingan yang telah ia lakoni. Dengan kemenangan atas pemenang medali emas Olimpiade Tokyo, Belinda Bencic di perempatfinal dan Sakkari di semifinal, ia mencatatkan dua kemenangan beruntun atas petenis peringkat 20 besar untuk kali pertama dalam kariernya yang masih hijau.

“Saya selalu memiliki mimpi untuk bermain di Grand Slam, tetapi saya tidak tahu kapan mimpi itu akan terjadi. Mendapatkannya lebih awal seperti ini, pada fase ini dalam karier saya, saya baru benar-benar berkiprah di turnamen selama satu bulan, dua bulan sejak Wimbledon. Ini sungguh luar biasa bagi saya,” papar Raducanu.

Sakkari menjejakkan kaki di semifinal Grand Slam kedua dalam kariernya pada musim ini usai mengantongi dua kemenangan atas petenis peringkat 10 besar, yakni juara US Open musim 2019, Bianca Andreescu dan petenis peringkat 4 dunia, Karolina Pliskova. Ia memasuki semifinal dengan penuh percaya diri setelah kemenangan atas Pliskova di perempatfinal, laga di mana ia tidak menghadapi satu pun peluang break point. Tetapi ia tidak mampu menemukan jawaban atas permainan mumpuni petenis peringkat 150 dunia.

Sakkari menciptakan total tujuh break point di dua service game pertama Raducanu, tetapi gagal mengkonversinya. Sebaliknya, petenis berkebangsaan Inggris menyambar keunggulan 5-0 sebelum mengklaim set pertama.

Sakkari bermain dengan lebih baik di set kedua, tetapi hal tersebut belum cukup kuat untuk menahan laju petenis berusia 18 tahun untuk memetik kemenangan setelah 1 jam 23 menit.

Partai puncak US Open musim ini akan menjadi final Grand Slam pertama di Open Era yang akan menampilkan dua petenis non unggulan. Petenis peringkat 150 dunia, Raducanu belum kehilangan satu set pun dari babak kualifikasi sampai semifinal, sementara petenis peringkat 73 dunia, Annie Fernandez berjuang keras untuk mengatasi tiga petenis 5 besar (Aryna Sabalenka, Naomi Osaka, dan Elina Svitolina) dan mantan juara US Open (Angelique Kerber) di laga tiga set yang dramatis.

Kedua petenis muda pernah bertemu di turnamen kategori junior, tetapi belum pernah bertemu di turnamen WTA.

“Kami pertama kali bertemu karena saya lahir di Toronto dan ia berasal dari Kanada, jadi, kami seperti menjalin persabatan saat itu,” tutur Raducanu.

“Lalu saya bertanding melawannya di Wimbledon kategori junior (2018). Sejak saat itu, kami terus berkembang. Saya yakin pertemuan kali ini akan sangat berbeda dengan pertemuan terakhir kami. Tetapi, kami berdua memainkan permainan apik, jadi, itu akan menjadi pertandingan yang epik.”

Artikel Tag: Tenis, US Open, Emma Raducanu, Maria Sakkari, Leylah Annie Fernandez

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/hasil-us-open-emma-raducanu-torehkan-sejarah-dengan-maju-ke-final
639  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini