Hasil French Open: Berdarah, Berkeringat, Novak Djokovic Lolos Ke Semifinal

Penulis: Dian Megane
Kamis 10 Jun 2021, 09:14 WIB
Novak Djokovic hadang Rafael Nadal di semifinal French Open 2021

Novak Djokovic luapkan kegembiraan usai memenangkan perempatfinal French Open 2021

Berita Tenis: Petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic mengerahkan semua kemampuan demi bertahan melawan Matteo Berrettini di perempatfinal French Open musim 2021.

Demi kembali ke semifinal French Open, petenis unggulan pertama berjuang habis-habisan untuk menundukkan petenis unggulan kesembilan, Berrettini dengan 6-3, 6-2, 6-7, 7-5.

Petenis berkebangsaan Serbia mengamankan ketiga peluang break point yang ia hadapi melawan Berrettini di Lapangan Philippe Chatrier yang dimeriahkan para penonton di sesi malam untuk kali pertama dalam dua pekan terakhir, setelah jam malam di Paris diperpanjang sampai jam 11 malam.

Namun, meskipun para penonton diharuskan mengosongkan lapangan di pertengahan set keempat, Djokovic kehilangan keseimbangan, dan melukai tangan kirinya sebelum pertandingan kembali dimulai, ia tidak pernah kehilangan daya fokusnya. Dengan darah menghiasi pegangan raketnya, ia meluapkan kegembiraan dengan berteriak ketika mengklaim kemenangan setelah 3 jam 28 menit.

“Pertandingan itu memiliki semuanya, begitu banyak intensitas. Saya hanya merasa tertekan di sepanjang pertandingan,” aku Djokovic.

“Rasanya sangat, sangat stress ketika secara konstan berada di bawah tekanan pada service game saya, karena service gamenya berlangsung cukup mulus dengan servis bertenaga. Reaksi di akhir pertandingan adalah saya melepaskan semua tekanan yang menyelimuti saya di sepanjang pertandingan.”

Kemenangan petenis berkebangsaan Serbia atas petenis berkebangsaan Italia, Berrettini membuatnya menjadi petenis putra kedua dalam sejarah yang berhasil melaju ke 40 semifinal Grand Slam setelah Roger Federer yang mencatatkan 46 semifinal.

Setelah mengklaim dua set pertama dengan cukup mulus, petenis unggulan pertama diuji di set ketiga setelah Berrettini mulai memperlihatkan taji hingga kedudukan imbang 4-4 sebelum memasuki babak tiebreak.

Berrettini mengawali babak tiebreak dengan 4/3 sebelum Djokovic membalikkan keadaan dan unggul dengan 5/4. Tetapi kesalahan pada forehand yang diikuti dengan kesalahan backhand yang membuat bola bersarang di net, memberikan petenis unggulan kesembilan peluang set point yang berhasil ia konversi dengan menembakkan pengembalian forehand yang tidak bisa diantisipasi petenis unggulan pertama.

Pada kedudukan 3-2, waktu menunjukkan jam 11 malam waktu setempat dan para penonton harus meninggalkan lapangan karena jam malam. Setelah 25 menit, kedua petenis kembali ke lapangan, tetapi drama kembali terjadi di sisi lapangan Djokovic.

Petenis berkebangsaan Serbia kehilangan keseimbangan dan melukai tangan kirinya ketika Berrettini mempertahankan servis. Ia tidak kehilangan daya fokus meskipun tidak bisa membalut tangannya yang terluka agar bisa mempertahankan cengkramannya pada raket. Ia berjuang keras untuk bertahan hingga mendapatkan tiga peluang match point pada kedudukan 6-5 sebelum mengalahkan Berrettini dari area baseline untuk menyegel kemenangan.

Djokovic membukukan semifinal French Open yang sangat diantisipasi melawan petenis yang telah 13 kali menjuarai French Open, Rafael Nadal. Laga tersebut akan menjadi laga ulang final musim 2020, 2014, dan 2012 yang ketiganya dimenangkan oleh Nadal. Pertemuan tersebut juga akan menjadi pertemuan ke-58 kedua petenis dengan head to head 29-28 atas keunggulan petenis unggulan pertama, tetapi Nadal unggul 19-7 pada pertemuan mereka di clay-court.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Novak Djokovic, Matteo Berrettini, Rafael Nadal

2218  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini