Hasil Australian Open: Rafael Nadal Lulus Ujian Pekan Pertama Di Melbourne

Penulis: Dian Megane
Sabtu 13 Feb 2021, 21:12 WIB
Rafael Nadal kembali ke babak keempat Australian Open 2021

Rafael Nadal lewati pekan pertama Australian Open 2021 tanpa kehilangan satu set pun

Berita Tenis: Rafael Nadal tampil di Australian Open musim 2021 tanpa melakoni pertandingan pemanasan usai terpaksa melewatkan ATP Cup akibat cedera punggung.

Namun, hal tersebut tidak menghentikan petenis peringkat 2 dunia untuk mencatatkan awal meyakinkan dalam usaha memenangkan gelar Grand Slam ke-21 dalam kariernya.

Juara Australian Open musim 2009 menyelesaikan pekan pertama di Melbourne pada hari Sabtu (13/2) waktu setempat ketika ia menumbangkan petenis berkebangsaan Inggris, Cameron Norrie dengan 7-5, 6-2, 7-5, kemenangan tiga set langsung ketiga secara beruntunnya di Melbourne musim ini.

Petenis berusia 34 tahun memenangkan 79 persen poin dari servis keduanya demi melumpuhkan Norrie setelah 2 jam 14 menit dan melangkah babak keempat Australian Open untuk kali ke-14.

“Ini adalah pertandingan pertama saya setelah waktu yang cukup lama,” ungkap Nadal merujuk semua laga yang telah ia lakoni di Melbourne musim ini.

“Saya telah melakoni tiga laga yang saya harap akan membantu saya menghadapi tantangan yang akan menghadang. Saya harap saya akan siap pada hari Senin (15/2).”

Petenis yang mengincar gelar Australian Open kedua dalam kariernya menghadapi laga paling menantang pada pekan ini ketika melawan Norrie di Rod Laver Arena, tetapi ia mengatasi tantangan tersebut, termasuk bangkit setelah tertinggal dengan peluang break di set pertama sebelum mengklaim kemenangan ke-68 di Australian Open (68-14).

“Semua pertandingan berlangsung sengit dan Norrie tiba di sini setelah memenangkan beberapa pertandingan apik,” tutur Nadal.

“Saya tidak mengkonversi peluang yang saya dapatkan di awal setiap set, sehingga situasinya menjadi sedikit lebih sulit. Saya mendapatkan banyak peluang dengan beberapa keunggulan 30/0 dan peluang break point yang tidak saya konversi.”

Setelah melalui set pertama yang kompetitif, bintang tenis Spanyol berhasil mengurangi unforced error di set kedua dan ketiga, serta menemukan ritme permainan yang memaksa Norrie mundur ke belakang lapangan. Seperti yang dilakukan di set pertama, petenis unggulan kedua mematahkan lawan pada kedudukan 6-5 di set ketiga demi kembali ke pekan kedua Australian Open.

Selanjutnya, Nadal akan menghadapi lawan yang lebih menantang demi satu tiket menuju perempatfinal, Fabio Fognini. Petenis unggulan ke-16, Fognini hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam untuk memupuskan harapan petenis tuan rumah, Alex De Minaur dengan 6-4, 6-3, 6-4 di Margaret Court Arena.

Kemenangan Fognini atas De Minaur hanya berselang dua hari setelah petenis berkebangsaan Italia dipaksa mengamankan match point di laga epik lima set melawan rekan senegaranya, Salvatore Caruso.

Nadal akan memasuki pertemuan ke-17 melawan Fognini dengan keunggulan 12-4 dan petenis berkebangsaan Italia akan menargetkan untuk mengklaim kemenangan kedua atas bintang tenis Spanyol di Grand Slam setelah sukses menumbangkan petenis unggulan kedua di French Open musim 2015.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Rafael Nadal, Cameron Norrie, Fabio Fognini, Alex de Minaur

605  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini