Dari Berburu Poin Peringkat, Garbine Muguruza Alihkan Fokus Untuk Hal Ini

Penulis: Dian Megane
Senin 06 Feb 2023, 21:04 WIB
Garbine Muguruza Kini Prioritaskan Ini Daripada Poin Peringkat

Garbine Muguruza

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Untuk mengatakan bahwa musim lalu sulit bagi petenis berkebangsaan Spanyol, Garbine Muguruza adalah pernyataan yang meremehkan.

Mantan petenis peringkat 1 dunia mengawali musim 2022 dengan berada di antara petenis terbaik dan menghuni peringkat 3 dunia setelah memenangkan gelar WTA Finals pada akhir musim 2021. Tetapi, musim 2022 tidak berjalan sesuai keinginan sang petenis yang hanya memenangkan 12 pertandingan.

Di sepanjang musim 2022, petenis yang telah mengantongi dua gelar Grand Slam total melakoni 17 turnamen, tetapi hanya mampu mengklaim kemenangan secara beruntun di dua turnamen saja. Pada Oktober musim lalu, peringkatnya merosot dari peringkat 13 dunia menjadi petenis peringkat 57 dunia.

Masalah petenis berkebangsaan Spanyol berlanjut ketika memasuki musim 2023. Ia belum memenangkan satu pertandingan pun dan kini semakin turun hingga ke peringkat 82 dunia, peringkat terendahnya dalam satu dekade terakhir. Januari 2013 merupakan musim terakhir ketika ia berada di luar peringkat 100 besar.

“Saya mendapatkan begitu banyak momen dalam karier saya ketika saya berada di posisi yang tinggi dan pada momen lain, tidak begitu tinggi. Ini adalah proses untuk berusaha kembali ke posisi itu. Kini saya fokus untuk berlatih keras dan tetap rendah hati,” ungkap Muguruza.

“Anda harus tahu tahu bahwa mungkin anda tidak mendapatkan kesuksesan baru-baru ini seperti yang anda dapatkan pada musim-musim lain. Tetapi itu tidak masalah, karena banyak hal bisa berubah dengan sangat cepat.”

“Dengan tenis, satu pekan itu bisa berjalan salah, lalu pekan depan, hal itu bisa berjalan dengan baik, lalu semua hal berubah lagi. Saya pikir pengalaman membantu saya untuk tetap tenang dalam momen-momen yang tidak begitu baik ketika saya tidak bermain dengan begitu baik atau hasil-hasil yang tidak mengikuti.”

Situasi tersebut menjadi situasi yang cukup membuat frustasi bagi seseorang seperti petenis berkebangsaan Spanyol. Di WTA Finals musim 2021, ia mencetak empat kemenangan atas petenis peringkat 10 besar tetapi sejak saat itu, ia belum mengalahkan petenis di atas petenis peringkat 31 dunia.

Bersemangat untuk kembali ke posisi puncak, ia telah memutuskan untuk mengubah pandangannya tentang beraksi di turnamen WTA. Prioritasnya kini adalah menikmati permainan tenisnya. Jika ia meraih pencapaian tersebut, ia percaya diri bahwa hasil pertandingan pun akan mengikuti.

“Saya merasa bahwa musim ini akan lebih condong untuk tetap tenang dan lebih sederhana,” lanjut Muguruza. “Musim lalu saya menempatkan diri saya di bawah banyak tekanan, mengatakan kepada diri saya sendiri untuk tetap berada di posisi puncak di sepanjang waktu. Hal itu pastinya tidak membantu saya dan sedikit harus berjuang lebih keras.”

“Musim ini, ya, peringkat penting, tetapi itu bukan prioritas saya lagi. Kini, semua tentang menikmati waktu saya di lapangan dan membawa pulang trofi, lalu kita akan melihat bagaimana peringkat saya.”

Ujian Muguruza selanjutnya adalah Abu Dhabi Open. Ia akan mengawalinya dengan bertanding melawan Karolina Pliskova di babak pertama.

Artikel Tag: Tenis, Garbine Muguruza

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/dari-berburu-poin-peringkat-garbine-muguruza-alihkan-fokus-untuk-hal-ini
699  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini