Ashleigh Barty Lalui Jalan Berliku Demi Semifinal Madrid Open

Penulis: Dian Megane
Kamis 06 Mei 2021, 09:00 WIB
Ashleigh Barty melangkah ke semifinal Madrid Open 2021

Ashleigh Barty kini kantongi 15 kemenangan beruntun di turnamen clay-court

Berita Tenis: Petenis unggulan pertama, Ashleigh Barty menggarisbawahi dominasinya di turnamen dengan melenggang ke semifinal Madrid Open musim 2021.

Petenis berkebangsaan Australia membutuhkan waktu 1 jam 48 menit demi menyisihkan petenis unggulan kesembilan, Petra Kvitova dengan 6-1, 3-6, 6-3, kemenangan yang mengantarkannya ke semifinal Madrid Open untuk kali pertama dalam kariernya.

Rezim juara Miami Open musim 2021 dibuktikan dengan sejumlah angka. Kini, ia mengantongi 15 kemenangan secara beruntun di turnamen clay-court dan musim ini ia mengklaim 10 kemenangan atas petenis peringkat 20 besar.

Secara keseluruhan, petenis peringkat 1 dunia telah mencatatkan 24-3 pada musim 2021 dan ia memenangkan lima dari enam pertemuan terakhir melawan petenis berkebangsaan Ceko, Kvitova dengan head to head di antara kedua petenis imbang 5-5. Selain itu, petenis berkebangsaan Australia kini memenangkan 11 dari 12 laga tiga set yang ia lakoni pada musim ini.

“Saya hanya selalu bertahan dalam pertarungan,” ungkap Barty tentang rekor di set penentu.

“Selalu bertahan dalam pertarungan dan tidak pernah membiarkannya lolos begitu saja. Hal itu pastinya tidak menjamin hasil pertandingan, tidak menjamin kesuksesan. Tetapi hal itu memastikan bahwa anda memberi diri anda peluang terbaik untuk melakukan hal yang anda lakukan dan menemukan jalan anda.”

“Saya pikir sangat penting untuk tidak panik, tetapi setiap petenis secara emosional memiliki cara berbeda yang mereka mainkan di lapangan. Saya selalu menjadi tipe yang tenang di lapangan. Itu selalu menjadi sikap saya. Tetapi bagi saya, ini tentang lebih mempercayai diri anda sendiri dan mengetahui bahwa kita hanya tetap berjuang dan berusaha menemukan jalan, serta memberi diri anda sendiri waktu untuk melakukannya.”

Di antara petenis yang masih aktif, Serena Williams dan Sara Errani mengantongi kemenangan beruntun terpanjang di turnamen clay-court. Williams mengantongi 32 kemenangan beruntun pada periode 2013 – 2014 dan 15 kemenangan beruntun pada periode 2002 – 2003, sementara Errani mengantongi 16 kemenangan beruntun. Hasil pertandingan di Madrid Open kali ini membuat petenis berkebangsaan Australia mengungguli 14 kemenangan beruntun yang diklaim Venus Williams (2004) dan Simona Halep (2018 – 2019).

Barty langsung tampil dominan di set pertama melawan Kvitova yang telah tiga kali menjuarai Madrid Open. Petenis berkebangsaan Ceko mengawali set pertama dengan dua pelanggaran ganda secara beruntun dan tidak bisa bangkit setelah itu. Di tengah-tengah 11 unforced error yang petenis unggulan kesembilan lakukan, petenis unggulan pertama tidak melakukan banyak kesalahan sebelum mengklaim set pertama dengan hanya kehilangan satu game.

Kvitova berjuang keras di set kedua dan memberi dirinya sendiri peluang dengan memaksakan set penentu.

Namun, petenis peringkat 1 dunia mendapatkan momentum kembali di awal set penentu. Di pertengahan set, sentuhan kurang meyakinkan di net membuat Kvitova mendapatkan peluang break. Tetapi petenis peringkat 1 dunia tidak membiarkan hal tersebut menjadi titik balik, tampil dengan serangkaian lob spektakuler demi merebut keunggulan, dan pada akhirnya menyegel kemenangan melalui peluang match point keempat.

Di semifinal Madrid Open, Barty akan menantang wakil terakhir tuan rumah yang menerima wildcard, Paula Badosa.

Artikel Tag: Tenis, Madrid Open, Ashleigh barty, Petra Kvitova

550  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini