Yan Langyu Rebut Emas Trampolin Perorangan Putra di Asian Games Hangzhou

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 04 Okt 2023, 12:20 WIB
Yan Langyu dari China bertanding dalam final trampolin putra di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Yan Langyu dari China bertanding dalam final trampolin putra di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Ligaolahraga.com -

Bangkit dari babak kualifikasi, Yan Langyu dari China meraih 59,850 poin untuk merebut emas trampolin perorangan putra di Asian Games Hangzhou pada Selasa (3/10/2023).

Dengan rutinitas yang nyaris sempurna di final, Yan meraih gelar dengan skor eksekusi yang tak tertandingi yaitu 17,00. "Pelatih saya mengatakan kepada saya untuk fokus pada eksekusi, dan memenangkan pertandingan adalah satu-satunya hal yang ada di pikiran saya," kata Yan.

Pada pertandingan pertamanya di babak kualifikasi, Yan hanya mendapatkan skor 6.800 poin, namun pemain berusia 24 tahun ini mampu menenangkan diri dan menyesuaikan diri dengan cepat untuk mencapai babak final.

"Itu cukup menegangkan bagi saya, tapi proses yang sangat menarik dan mendebarkan," kenang Yan.

Rekan senegaranya, Wang Zisai, berada di posisi kedelapan dengan 13,090 poin. Pemain berusia 17 tahun ini menjelaskan, "Ada masalah teknis. Saya tidak berada dalam kondisi yang tepat."

Danil Mussabayev dari Kazakhstan meraih medali perak dengan 57,270 poin, sementara Hiroto Yamada dari Jepang meraih perunggu dengan 57.100 poin.

"Saya tidak berada di puncak performa saya hari ini. Saya senang bisa membawa pulang medali perunggu ini ke Jepang," kata Yamada.

Dengan emas yang disumbangkan Yan ini, China mempertahankan tradisi emas di nomor perorangan putra ini sejak 2006.

Pada Jakarta 2018, trampolin perorangan putra dimenangkan oleh Dong Dong yang mempertahankan gelar juaranya untuk kali kedua.

Dong pertama kali menjuarai nomor itu di Guangzhou 2010, sebelum dipertahankan untuk kali pertama di Incheon 2014.

Di Doha 2006, saat nomor trampolin dipertandingkan untuk pertama kalinya di ajang Asian Games, nomor ini dimenangkan oleh Que Zhicheng.

Tradisi emas di nomor trampolin perorangan juga dilakukan China di kategori putri, dengan Zhu Xueying mengumpulkan 56,720 poin untuk memenangkan emas pada Senin (2/10) lalu.

Atlet berusia 25 tahun ini melengkapi grand slam di cabor trampolin setelah sebelumnya meraih medali emas di Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Dunia dan Asian Games.

Artikel Tag: Asian Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/yan-langyu-rebut-emas-trampolin-perorangan-putra-di-asian-games-hangzhou
279  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini