Promosikan BMX, Breakdance dan Skateboard, IOC Prakarsai Kompetisi Baru

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 14 Sep 2023, 17:05 WIB
"Let's Move Street Challenge" digelar IOC untuk mempromosikan cabang olahraga baru di Olimpiade, yakni BMX, breakdance dan skateboard. (Foto: IOC)

"Let's Move Street Challenge" digelar IOC untuk mempromosikan cabang olahraga baru di Olimpiade, yakni BMX, breakdance dan skateboard. (Foto: IOC)

Ligaolahraga.com -

Komite Olimpiade Internasional (IOC) memprakarsai sebuah kompetisi daring baru bernama "Let's Move Street Challenge" untuk mempromosikan sejumlah cabang olahraga baru di Olimpiade seperti BMX, breakdance dan skateboard.

IOC meluncurkan "Let's Move Street Challenge" ini dengan dukungan dari mitra Olimpiade, Samsung.

Para penggemar BMX, breakdance dan skateboard diberi kesempatan untuk mengikuti tantangan ini dengan mengirimkan video berdurasi 30 detik yang menampilkan gerakan terbaik mereka.

Di antara hadiah untuk pria dan wanita termasuk penghargaan BMX dalam kategori freestyle park, real street dan dirt, serta penghargaan skateboard dalam kategori park, real street dan street park, serta penghargaan breaking dalam kategori best round, power moves dan footwork.

Penghargaan kreatif gender campuran juga diperebutkan dalam kategori produksi terbaik, budaya jalanan dan paling mengejutkan.

Proses pendaftaran akan dimulai pada 23 September dan ditutup pada 21 Oktober, dengan pemenang Let's Move Street Challenge yang pertama diharapkan akan diumumkan pada bulan November.

Entri yang masuk akan dinilai oleh panel juri ahli dan tokoh-tokoh berpengaruh dari ketiga cabang olahraga tersebut. Para penggemar juga akan mendapatkan kesempatan untuk memilih video favorit mereka.

Para pemenang penghargaan dari para juri akan mendapatkan kesempatan untuk menikmati perjalanan di balik layar ke acara kualifikasi Olimpiade, , dan juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan atlet-atlet terkemuka dunia.

Let's Move Street Challenge telah dibuat dengan tujuan untuk membuat kaum muda lebih aktif dengan berlatih olahraga perkotaan.

Ini juga merupakan kelanjutan dari inisiatif Let's Move dari IOC yang diluncurkan tahun ini setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa satu dari empat orang dewasa dan lebih dari 80 persen anak muda tidak memenuhi tingkat aktivitas minimum yang direkomendasikan untuk kesehatan yang optimal.

Peraih medali emas Olimpiade dalam BMX freestyle Charlotte Worthington menuturkan seperti dikutip oleh IOC: "Saya suka dengan konsep Let's Move Street Challenge, tiga olahraga yakni BMX freestyle, breaking, dan skateboard, sungguh sangat kreatif. Akan sangat luar biasa menyaksikan berbagai kelompok dan tingkatan usia merangkul tantangan, menjadi kreatif, dan menampilkan sesuatu dari diri mereka sendiri." 

Tahun 2024 akan menjadi momen bersejarah bagi cabang olahraga alternatif seperti BMX, breakdance, dan skateboard, karena ketiganya akan menjadi bagian resmi dari Olimpiade Paris. Keputusan IOC ini mencerminkan evolusi konstan dalam lanskap olahraga Olimpiade, dengan inklusi disiplin baru yang mengakomodasi tren dan minat baru dalam dunia olahraga.

BMX, sepeda ekstrim dengan elemen freestyle yang spektakuler, akan memperoleh fokus yang lebih besar saat para atletnya bersaing di arena Olimpiade. Breakdance, seni gerakan urban yang memukau, akan memberikan warna baru kepada pertunjukan seni dalam kompetisi Olimpiade. Sementara skateboard, olahraga ikonik yang berakar dalam budaya jalanan, akan menunjukkan kreativitas dan keahlian atlet-atletnya di panggung dunia.

Artikel Tag: IOC

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/promosikan-bmx-breakdance-dan-skateboard-ioc-prakarsai-kompetisi-baru
277  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini