Berita Peparnas XV 2016: Jawa Tengah Bertekad Pertahankan Juara Umum Cabang Panahan

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 14 Okt 2016, 05:48 WIB
Berita Peparnas XV 2016: Jawa Tengah Bertekad Pertahankan Juara Umum Cabang Panahan

Atlet Panahan Saat latihan Bebas Jelang Turnamen

LigaOlahraga - Berita Peparnas XV 2016: Kontingen panahan dari provinsi Jawa tengah siap untuk mempertahankan juara umum yang didapatkannya pada kejuaraan Peparnas XIV 2012 lalu di Riau dimana pada turnamen tersebut berhasil meraih tujuh medali emas.

Pelatih panahan Jateng, Sri Mulyo, mengatakan, timnya dihuni 15 pemanah saat turun di Peparnas kali ini. Seorang di antaranya merupakan atlet pelatnas yang disiapkan untuk ASEAN Para Games 2017 di Malaysia.

"Kami tak mau menetapkan target jumlah emas, namun yang jelas harus bisa mempertahankan gelar juara umum." Demikian pernyataan Sri Mulyo, Pelatih panahan Jateng perihal target kontingen Jawa Tengah di Peparnas XV 2016. Seperti dikutip oleh situs resmi Peparnas XV 2016 (13/10/2016).

Terkait peta kekuatan, Mulyo menilai Jabar sebagai pesaing terberat. Bukan hanya karena sebagai tuan rumah, namun kemampuan individu atletnya yang memang berkualitas.

Menurut Mulyo, Jabar memang baru kali ini ikut serta dalam cabang olahraga panahan Peparnas. Namun, beberapa pemanah Jabar saat ini merupakan atlet pelatnas ASEAN Para Games.

Semnentara itu Cabang olahraga panahan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar sudah menggelar free practice (latihan bebas) di venue cabang olahraga panahan Peparnas XV, Lapangan Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (13/10/2016). Free practice ini diikuti 108 atlet dari delapan provinsi yang akan bertarung.

Pada Peparnas XV/2016, cabang olahraga panahan akan mempertandingkan 33 nomor yang terbagi di tiga kelas, yakni kelas ronde nasional, ronde FITA recurve, dan ronde FITA compound. Dari setiap kelas pertandingan akan dibagi dalam dua klasifikasi disabilitas, yaitu klasifikasi duduk dan berdiri.

"Dari setiap kelas akan dipertandingkan untuk satu jarak. Ronde nasional dengan jarak tembak 40 meter, compound dengan jarak tembak 50 meter, dan recurve dengan jarak tembak 70 meter. Di setiap nomor akan dipertandingkan untuk perorangan putra dan putri, beregu, mix (campuran), double mix, serta aduan perorangan putra dan putri. Jadi total medali emas yang diperebutkan sebanyak 33." Komentar Asep Gumelar, Ketua panitia pelaksana pertandingan cabang olahraga panahan Peparnas XV/2016.

Artikel Tag: peparnas 15 2016, pemprov jabar, cabang panahan

1047  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini