Tim KTM Jadi Tim Pabrikan Pertama yang Bertahan di MotoGP 2021

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 15 Jan 2021, 23:35 WIB
Tim KTM

Brad Binder bersama paa anggota tim KTM merayakan kemenangan di MotoGP Ceko

Berita MotoGP: Tim KTM menjadi satu-satunya tim yang telah resmi teken kontrak dengan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP untuk kompetisi periode berikutnya yaitu 2022-2026.

Musim MotoGP 2021 menjadi akhir dari kontrak keenam tim pabrikan di MotoGP. Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Aprilia, dan KTM kontraknya akan habis pada akhir tahun 2021.

Jelang bergulirnya MotoGP 2021, baru ada satu pabrikan yang telah memastikan diri tampil MotoGP pada 2022-2026. KTM yang merupakan pabrikan termuda di kelas tertinggi jadi tim pertama yang meneken kontrak baru tersebut.

Kendati pabrikan lain diyakini pasti akan memperpanjang komitmen mereka di MotoGP,  Tim KTM mengambil satu langkah lebih maju dengan meresmikan kontrak mereka terlebih dahulu.

Kesepakatan untuk tetap berkompetisi di MotoGP diumumkan oleh KTM pada Rabu (13/1/2021).

"Saya sangat senang bisa mengumumkan kontrak baru berdurasi lima tahun ini dengan Dorna," ujar Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer.

"Saya ingin berterima kasih kepada Dorna, terutama Mr. Carmelo Ezpeleta dan seluruh timnya, karena kami telah mengalami empat tahun yang hebat bersama-sama."

KTM sendiri baru secara resmi memulai proyek mereka di MotoGP pada musim 2017 dengan menurunkan Pol Espargaro dan Bradley Smith. Awalnya menjadi pabrikan penggembira, KTM secara perlahan membuat kemajuan hingga rutin bersaing di posisi terdepan dalam waktu empat tahun.

Raihan tiga kemenangan pada MotoGP 2020 menjadi buah kerja keras KTM. Di level pembalap pabrikan asal Austria itu juga sukses dengan keberhasilan Espargaro finis di peringkat lima pada klasemen akhir MotoGP 2020.

Kerja keras yang telah membuahkan hasil membuat KTM mantap untuk melanjutkan kiprah mereka di MotoGP.

"Setelah beberapa musim kami telah menempatkan proyek ini di atas pondasi yang sangat kokoh. Jadi ini adalah langkah positif untuk melanjutkan keterlibatan kami di MotoGP hingga 2026," pungkasnya.

KTM musim depan bakal memasok empat motor bagi tim pabrikan mereka Red Bull KTM dan tim satelit KTM Tech3. Red Bull KTM bakal diperkuat oleh Miguel Oliveira dan Brad Binder. Adapun, KTM Tech3 memercayakan prestasi tim kepada Danilo Petrucci dan Iker Lecuona.

Artikel Tag: Tim KTM, MotoGP 2021

1279  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini