Terjadi Kekacauan di FP2, Lima Pebalap Diperiksa Race Director

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 06 Jul 2019, 15:55 WIB
Terjadi Kekacauan di FP2, Lima Pebalap Diperiksa Race Director

Danilo Petrucci, MotoGP Jerman 2019.

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Lima pebalap MotoGP, termasuk diantaranya adalah Valentino Rossi, dipanggil oleh pihak Race Direction soal insiden yang membuat laju Maverick Vinales dan Jack Miller terhalang di akhir FP2 MotoGP Jerman, Jumat (5/7).

Para rider yang dipanggil antara lain, Rossi, Danilo Petrucci, Franco Morbidelli serta duo KTM, Pol Espargaro dan Johann Zarco. Kelima rider tersebut diminta menjelaskan atas insiden yang terjadi di Tikungan 1-2-3, di mana Miller-Vinales terhalang.

Zarco bahkan sampai menyebut insiden itu adalah kekacauan besar, namun ia juga menegaskan bahwa kondisi tersebut membuat banyak pebalap terjebak dalam situasi yang membuat mereka sulit melaju.

“Empat menit terakhir ini, kami tidak beruntung, karena begitu banyak pebalap pada saat yang sama di tempat yang sama,” ujar Zarco, yang menuntaskan sesi FP2 pada urutan ke-19.

“Kami biasanya sangat berhati-hati tentang hal ini di MotoGP dan kami tidak perlu menunggu terlalu lama, atau jika kami menunggu kami bisa keluar dari (racing) line.”

“Tetapi ketika menghadap Race Direction, kami minta maaf kepada pebalap yang terhalang lajunya. Bagaimanapun ada lima pebalap di tempat yang sama, momen yang sama, dan beberapa dari mereka marah.”

“(Itu) kekacauan besar karena antara Tikungan 2 dan 3 tidak begitu banyak ruang di sekitar. Jika Anda tidak ingin berada di (racing) line, Anda akan berada di rumput.”

Hal yang sama pun juga ddiungkapkan oleh rider Ducati, Danilo Petrucci. Menurutnya, situasi saat itu membuatnya mustahil untuk menyingkir di antara tikungan 1 dan 3, karena beberapa dari mereka baru saja keluar dari pit sementara yang lainnya menunggu towing atau giliran untuk melaju. Sedangkan di saat yang bersamaan ada pebalap yang tengah melaju menuju tikungan 1,2 dan 3.

Meskipun tidak ada yang dijatuhi penalti, Petrucci mengungkapkan, 15 menit terakhir sesi FP3 akan diperlakukan seperti kualifikasi, dengan hukuman untuk menghalangi pebalap lain akan dijatuhkan.

“Kami memutuskan bahwa 15 menit terakhir FP3 diterapkan aturan yang sama seperti Q1 dan Q2. Jika Anda membuat masalah dengan pembalap lain, maka kami akan dihukum. Ini adalah aturan yang kami buat di Assen untuk mencoba menghindari hal semacam ini,” tutur Petrux.

Artikel Tag: MotoGP Jerman, MotoGP 2019, Danilo Petrucci, Johann Zarco

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/terjadi-kekacauan-di-fp2-lima-pebalap-diperiksa-race-director
7030  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini