Takaaki Nakagami Dinilai Bersalah oleh Beberapa Rider MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 07 Jun 2022, 23:50 WIB
Takaaki Nakagami

Takaaki Nakagami

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Johann Zarco, Fabio Quartararo, dan Jorge Martin menyebut Takaaki Nakagami sudah membuat kesalahan usai memicu kecelakaan horor di MotoGP Catalunya.

Nama Takaaki Nakagami ramai dibahas usai melakukan manuver agresif di MotoGP Catalunya. Pria asal Jepang itu membuat Alex Rins serta Bagnaia tersungkur di Tikungan 1 Sirkuit Barcelona.

Ini menjadi kali kedua Rins gagal menyelesaikan balapan akibat ulah Nakagami. Sebelumnya pada seri MotoGP Italia, ia jatuh setelah disenggol oleh rider LCR Honda tersebut.

Rins pun mengecam keras FIM MotoGP Steward Panel karena tidak menjatuhkan hukuman penalti pada Nakagami. Sebab, dirinya sampai menderita retak di pergelangan tangan kiri.

Saat pertemuan rutin Komisi Keselamatan di Barcelona, sebagian besar pebalap MotoGP masih membela Nakagami, walau mereka mengakui bahwa aksi overtaking pria berusia 30 itu membahayakan.

Namun sekarang Johann Zarco mengaku sudah kehilangan rasa hormat pada Takaaki Nakagami menyusul insiden di MotoGP Catalunya.

“Kami membicarakannya di Komisi Keselamatan, dan dari Mugello, Rins meminta pendapat kami tentang kecelakaan yang mereka alami bersama," tutur Zarco dikutip dari Motorsport.com.

“Dia ingin meminta pendapat kami tentang apa yang terjadi dan kami hampir semua setuju dalam hal itu Nakagami tidak melakukan kesalahan di Mugello,” ia mengimbuhkan.

“Kami juga setuju dengan Steward, bahwa mereka tidak dapat menghukum Nakagami dalam kasus itu, bahkan jika kami juga setuju Nakagami terkadang bisa sangat agresif saat menyalip.”

“Tapi dia tidak melakukan kesalahan besar (di Mugello). Tapi mulai hari ini, dia benar-benar kehilangan semua pujian yang kami berikan kepadanya selama pertemuan Komisi Keselamatan, yang sangat disayangkan untuknya,” jelasnya.

“Saya tidak tahu apa yang akan mereka katakan. Tapi secara keseluruhan dia menyingkirkan Rins dan dia kehilangan semua pujiannya, yang mana ini sangat disayangkan untuknya,” ucap pria asal Prancis tersebut.

Sementara itu Fabio Quartararo menilai kecelakaan di Catalunya seharusnya tidak dianggap sebagai insiden balap biasa. Pemuda berjuluk El Diablo tersebut pun mendesak Nakagami untuk sadar akan bahaya yang timbul dari sebuah manuver agresif.

“Itu bukan insiden balapan, karena Anda tidak banyak menyerang,” kata Quartararo.

“Saya tidak tahu bagaimana mungkin Pecco berada di urutan kedua dan Nakagami berada jauh, bagaimana dia bisa tiba untuk menyentuh kepalanya di roda (belakang motor) Pecco,” tambahnya.

“Saya kira pada lap pertama, kami semua harus sadar bahwa kami balapan dengan motor besar. Bahwa beratnya minimal 160 kilogram dan jika Anda tertabrak motor seperti ini, Anda bisa meninggal.”

“Dan di sinilah tempat paling berbahaya bagi kami, ketika start, kemudian setelah lap pertama risikonya lebih kecil,” ucap juara dunia MotoGP 2021 tersebut.

Jorge Martin mengaku setuju dengan pendapat Quartararo. Rider Pramac Racing ini bahkan mengatakan bahwa keputusan FIM MotoGP Steward Panel yang tidak memberikan penalti telah menjadi preseden negatif.

“Bagi saya, itu bukan insiden balapan. Saya pikir mereka seharusnya sudah menghukum Nakagami di Mugello, karena dia tidak dihukum dan sekarang dia pikir dia bisa melakukan apa saja,” ucapnya.

“Jadi, sekarang dia melakukannya lagi dan jika mereka tidak menghukumnya, dia akan melakukan hal yang sama di balapan berikutnya,” ia melanjutkan.

“Jadi, itu berbahaya bagi yang lain. Dia mematahkan pergelangan tangan Alex Rins. Dia juga mempertaruhkan sesuatu yang penting untuk dirinya sendiri, yaitu kepalanya.”

“Mereka perlu membuat sistem yang membantu keselamatan para pebalap, dan yang pasti tanpa menghukumnya bukanlah cara yang tepat,” tegas Martin.

Artikel Tag: Takaaki Nakagami, Johann Zarco, Jorge Martin, Fabio Quartararo, MotoGP 2022, motogp catalunya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/takaaki-nakagami-dinilai-bersalah-oleh-beberapa-rider-motogp
1106  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini