Stoner: MotoGP 2020 Berjalan Seru, Sayangnya Tak Ada Marquez

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 08 Sep 2020, 22:20 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez, Repsol Honda.

Berita MotoGP: Mantan rider MotoGP, Casey Stoner, mengaku sangat menikmati persaingan musim ini yang sangat sulit ditebak, pun demikian ia menyayangkan pebalap terbaik MotoGP, Marc Marquez, tak bisa ikut bersaing akibat cedera parah.

Marquez mengalami cedera patah lengan kanan akibat kecelakaan pada seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/) lalu. Alhasil, peta persaingan pun langsung berubah drastis.

Dalam lima balapan yang telah berlangsung, sudah ada empat pemenang berbeda dan tiga di antaranya pemenang baru. Selain itu, 15 tempat tangga podium sejauh ini yang dihuni 11 pebalap berbeda.

"Fantastis melihat kompetisi yang naik-turun. Musim ini berat karena ada dua balapan di trek yang sama, dan trek yang dipilih menguntungkan beberapa pihak tertentu,” ujar Casey Stoner dalam podcast 'In the Fast Lane'.

“Padahal ini kejuaraan dunia dan harusnya keliling dunia juga. Saya tak suka format ini, tapi kompetisinya sangat fantastis karena tak satu rider saja yang selalu di depan.”

Kendati senang dengan rivalitas yang sangat ketat, namun Stoner turut menyayangkan absennya Marquez yang kerapkali tampil sangat dominan di setiap balapan.

"Saya rasa opini saya yang satu ini bakal jadi kontroversi. Tapi saya memang sepakat, bahwa tanpa Marc, jujur saja saya rasa memang tak ada yang menonjol saat ini. Anda bisa lihat sendiri dari hasilnya, begitu juga siapa saja yang naik podium," tandas rider asal Australia ini.

"Marc memang jelas 'pemimpin' kejuaraan ini dan ia membawa kompetisi ini ke level yang jauh lebih tinggi, karena saat saya balapan, hanya ada saya, Vale, Jorge, dan Dani yang selalu ada di depan. Tapi saat ini, tak ada rider yang bisa melakukannya, dan yang bisa hanyalah Marc," tutur juara dunia MotoGP 2007 dan 2011.

"Marc harusnya bisa membuktikan konsistensi, karena musim ini lebih padat, ada dua balapan di trek yang sama. Orang pikir jika tampil buruk pada balapan pertama, mereka akan 'oke' pada balapan kedua. Jadi kompetisi tahun ini sangat berbeda, benar-benar mengacak peta persaingan dengan banyak cara," tutup Stoner.

Masih belum diketahui sampai kapan Marquez bakal absen dari kompetisi musim ini. Namun ia diprediksi baru bisa kembali balapan setidaknya 2-3 bulan kemudian. Peluangnya untuk menjuarai MotoGP 2020 pun dinilai perlahan mulai sirna.

Artikel Tag: Marc Marquez, Casey Stoner, motogp 2020

1161  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini