Rahasia Franco Morbidelli Diremehkan Tapi Jadi Juara Kedua MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 28 Feb 2021, 23:55 WIB
Franco Morbidelli

Franco Morbidelli

Berita MotoGP: Franco Morbidelli menjadi rider yang tak diutamakan oleh Yamaha lantaran hanya mendapat motor spek lawas. Namun ternyata ini menjadi berkah tersendiri baginya.

Franco Morbidelli mampu membuktikan diri dengan menjadi runner-up MotoGP 2020 meskipun sama sekali tak diunggulkan. Morbidelli awalnya tertutupi bayang-bayang rekan setimnya, Fabio Quartararo, yang lebih dahulu mencatat prestasi apik hingga direkrut tim pabrikan Yamaha.

Morbidelli makin dipandang sebelah mata lantaran dia menjadi satu-satunya pebalap Yamaha dengan motor spesifikasi lawas, YZR-M1 2019 di musim lalu. Quartararo lebih beruntung karena mendapatkan motor pabrikan sebagai bagian dari kesepakatan pindah ke tim Monster Energy Yamaha pada musim 2021.

Morbidelli pun hanya bisa jadi penonton ketika Quartararo dan pebalap Yamaha lain mendominasi dua seri balap pertama MotoGP 2020. Kendati demikian, begitu Quartararo dan dua rider tim pabrikan Yamaha, Vinales dan Rossi mengalami kesulitan karena masalah grip dengan ban belakang, sementara Morbidelli berhasil menunjukkan tajinya.

Torehan lima podium dengan tiga kemenangan membuat Morbidelli finis sebagai pebalap Yamaha terbaik pada akhir musim. Morbidelli mengaku bahwa kembali menggunakan motor yang sama justru menjadi penyebab kebangkitannya di MotoGP pada musim lalu.

Sebagai informasi, anak didik Rossi tersebut sudah memakai Yamaha YZR-M1 versi 2019 sejak motor tersebut pertama kali diluncurkan. Motor YZR-M1 2019 milik Morbidelli dulunya cuma tidak mendapat pengembangan secepat motor pebalap tim Monster Energy Yamaha sehingga dinamakan Spec-A.

Kehadiran mekanik veteran Ramon Forcada sebagai kepala kru turut membantu Morbidelli untuk memaksimalkan potensi motor YZR-M1 2019.

"Ramon mengenal Yamaha ibarat dari ujung rambut hingga ujung kaki. Fakta bahwa kami berlomba satu tahun lebih lama dengan motor yang sama sangat membantu dia untuk menyempurnakan detail-detail kecil di motornya," kata Morbidelli, dilansir dari The-Race.

"Inilah salah satu kekuatan kami, yaitu mengenal motor dengan sangat baik. Kami tahu apa yang harus dilakukan dan kapan untuk bertahan serta meningkatkan setelan dengan cepat."

Morbidelli masih akan memakai motor yang sama pada MotoGP 2021. Ia awalnya menginginkan motor teranyar seperti koleganya. Namun, pebalap asal Italia-Brasil itu tampaknya menemukan alasan untuk legawa 'dianaktirikan' lagi. Morbidelli sendiri belum berani sesumbar bakal kembali mencetak tiga kemenangan seperti musim lalu.

"Saya akan menjadi orang yang sama kalau tidak lebih baik, atlet yang sama kalau tidak lebih baik, dan saya akan mendapatkan motor yang sama. Saya tidak melihat adanya alasan kenapa kami tidak bisa mengulangi hasil yang telah kami raih," tukasnya.

Artikel Tag: Franco Morbidelli, yamaha, MotoGP 2021

638  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini