MotoGP Sudah Siapkan Langkah Penanganan Jika Pebalapnya Terinfeksi Covid-19

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 02 Mei 2020, 14:45 WIB
MotoGP Sudah Siapkan Langkah Penanganan Jika Pebalapnya Terinfeksi Covid-19

Aksi para pebalap di MotoGP Argentina

Berita MotoGP: Dorna Sports selaku promotor MotoGP sudah mempersiapkan protokol kesehatan untuk menggelar balapan di tengah pandemi, termasuk ketika para pebalapnya terjangkit virus corona.

Pandemi virus corona telah membuat MotoGP yang seharusnya dihelat pada awal Maret lalu terpaksa ditangguhkan hingga sekarang.

Dorna pun bertekad untuk menggelar kembali balapan dengan melakukan berbagai persiapan dan protokol kesehatan.

Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports membagikan perkembangan persiapan MotoGP 2020 dalam wawancaranya kepada GPOne.

"Kami sudah berbicara dengan pabrikan dan tim untuk meminimalkan jumlah personel yang diperlukan dalam balapan," ujar Ezpeleta. “Semua orang harus menjalani tes sebelum meninggalkan rumahnya, lalu tes akan dilakukan setiap hari selama berada di sirkuit.”

Bukan hanya dalam hal pencegahan, Dorna juga sudah mempersiapkan langkah penanganan jika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Itu artinya, ketika ada pebalap ataupun personel yang positif terjangkit virus corona, mereka tidak akan sekadar menjalani karantina.

"Dia harus dikarantina, termasuk semua orang yang pernah ditemuinya. Logikanya dia tidak diperbolehkan mebalap, seperti halnya ketika dia cedera. Akan ada layanan medis khusus untuk menangani pebalap dengan lebih baik dalam situasi darurat seperti ini," tandasnya.

Beruntungnya, Ezpeleta setidaknya merasa lega karena hingga saat tak ada satupun pebalap yang terinfeksi Covid-19. Fokus Dorna kini hanya tinggal mengusahakan agar MotoGP 2020 bisa kembali digelar pada akhir Juli mendatang.

Artikel Tag: motogp 2020, Jadwal MotoGP, Virus Corona

1352  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini