MotoGP Finlandia 2022 Urung Digelar, Ini Alasannya  

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 25 Mei 2022, 22:20 WIB
MotoGP Finlandia, Sirkuit KymiRing

Sirkuit KymiRing

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Dorna Sports mengungkapkan bahwa masalah homologasi Sirkuit KymiRing dan situasi geopolitik yang kurang mendukung membuat MotoGP Finlandia 2022 batal digelar.

Dalam penyataan yang dirilis oleh MotoGP di laman resminya, pada Rabu (25/5), seri MotoGP Finlandia 2022 terpaksa dibatalkan karena dua alasan. Pertama, masalah homologasi Sirkuit KymiRing. Sedangkan yang kedua, situasi geopolitik yang kurang mendukung sehingga membuat perlombaan ditunda sampai tahun depan.

“Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan sedih membatalkan Grand Prix Finlandia pada 2022,” tulis pihak MotoGP.

“Keadaan saat ini telah menciptakan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko.”

“Oleh karena itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek harus ditunda hingga 2023, saat MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade.”

Dengan begitu, satu balapan kejuaraan MotoGP 2022 resmi dibatalkan. Sampai saat ini, belum diketahui apakah promotor MotoGP, Dorna Sports, akan menggantinya dengan perlombaan di sirkuit lain atau tidak.

Sebelumnya, Finlandia telah resmi masuk kalender balap MotoGP pada 2019. Namun karena pembangunan trek yang belum rampung dan pandemi Covid-19, balapan di Sirkuit KymiRing tidak jadi dihelat.

Trek sepanjang 4,6 km tersebut sebenarnya sudah pernah dijajal oleh para test rider dari enam pabrikan, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, KTM, Ducati, dan Aprilia, pada Agustus 2019 lalu. Bahkan, sebelum pembatalan seri MotoGP Finlandia 2022, trek ini juga sempat dikabarkan bakal kembali menggelar pengujian motor pada bulan Juni mendatang.

Artikel Tag: MotoGP Finlandia, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/motogp-finlandia-2022-urung-digelar-ini-alasannya
838  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini