Miguel Oliveira: Gaya Berkendara Aleix Cocok dengan RS-GP

Penulis: Senja Hanan
Senin 18 Mar 2024, 22:02 WIB
Miguel Oliveira: Gaya Berkendara Aleix Cocok dengan RS-GP

Miguel Oliveira: Gaya Berkendara Aleix Cocok dengan RS-GP

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Gaya berkendara jadul Aleix Espargaro sangat cocok dengan Aprilia RS-GP terbaru yang canggih secara aerodinamis. Hal itu dikatakan Miguel Oliveira.

Salah satu kombinasi menarik di MotoGP musim ini adalah seberapa baik gaya berkendara 'body-on-the-bike' jadul Aleix Espargaro bekerja dengan salah satu mesin paling aerodinamis paling canggih yang pernah ada di olahraga ini: Aprilia RS-GP 2024 .

Meskipun Espargaro sudah cepat sejak lap pertama dengan motornya, rekan setimnya di pabrikan Maverick Vinales dan pebalap Trackhouse Miguel Oliveira - keduanya telah terbukti menjadi pemenang balapan MotoGP dengan gaya menikung modern di mesin lain - mengalami kesulitan beradaptasi. Keduanya bahkan telah kembali ke kursi belakang aero yang lebih standar, sementara Espargaro tetap mempertahankan desain 'batmobile' yang radikal.

Pembuka musim Qatar melihat Espargaro lolos ke posisi kedua di grid, kemudian naik podium Sprint dengan serangan akhir yang kuat. Salah satu teorinya adalah dengan mendekatkan tubuhnya ke motor, Espargaro menciptakan aliran udara yang lebih efisien untuk aerodinamis saat menikung. Namun tahun lalu, pebalap Spanyol, yang berusia 34 tahun dan merupakan urutan tertua di grid, menyarankan gayanya - yang ia gambarkan sebagai “tidak cantik, tapi efektif!” - juga membawa manfaat akselerasi. Apapun alasannya, Oliveira menegaskan bahwa performa Espargaro saat ini ‘menonjol’ dan gaya membalapnya menjadi pembeda nyata dibandingkan pebalap Aprilia lainnya. Menggambarkan gaya Espargaro dengan kata-katanya sendiri, pelatih asal Portugal itu berkata:

“[Aleix] menjaga sudut kemiringan, [dengan tubuhnya] sangat statis di atas motor. Dan dia tidak pernah benar-benar mencoba untuk memacu motornya dengan bersikap agresif pada throttle hanya untuk menambah kecepatan di tikungan. Bahkan di zona pengereman, motornya cukup stabil, tidak pernah tergelincir. Gayanya seperti ini. Baginya, itu wajar dan berhasil, terutama dengan motor baru ini.”

Artikel Tag: Miguel Oliveira, Aprilia Racing, Aleix Espargaro

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/miguel-oliveira-gaya-berkendara-aleix-cocok-dengan-rs-gp
826  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini