Jadwal MotoGP 2021 Terancam Kacau, Berpotensi Akan Dimajukan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 14 Jan 2021, 23:35 WIB
MotoGP 2021, MotoGP 2020

Para rider MotoGP mengenakan masker

Berita MotoGP: Setelah kacaunya jadwal MotoGP musim lalu, MotoGP 2021 kali ini juga terancam mengalami perubahan jadwal akibat efek pandemi Covid-19. Namun uniknya balapan pembuka justru berpotensi dimajukan alih-alih ditunda.

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda kembali jadi tantangan berat bagi MotoGP dalam menyusun jadwal kejuaraan. MotoGP sebenarnya telah berusaha keras dan optimistis sanggup mengeluarkan kalender yang 'normal' dengan 20 balapan, MotoGP juga sudah harus melakukan penyesuaian sebelum kompetisi berjalan.

Namun kompetisi belum berjalan, satu agenda awal sudah dibatlkan. Tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Sepang, Malaysia, yang sejatinya digelar pada pertengahan Februari terpaksa tidak bisa digelar.

Protokol kesehatan yang telah disepakati pihak MotoGP dengan Pemerintah Malaysia pun ditolak lantaran kasus Covid-19 kembali meningkat di Negeri Jiran.

Wacana tes pramusim pengganti di Sirkuit Jerez, Spanyol, sempat mengemuka. Akan tetapi, alasan logistik membuat gagasan tersebut terlihat mustahil.

Sebab, seperti dilansir dari Speedweek, paket motor dan seluruh perlengkapan pengujian seluruh tim MotoGP 2021 telah diberangkatkan ke Malaysia melalui jalur laut.

MotoGP pun bakal mengirim lagi paket tersebut ke Qatar untuk memajukan tes pramusim lain di Sirkuit Losail, Qatar. Tes pramusim di Qatar sejatinya terbagi dalam dua tahap yaitu shakedown pada 5-7 Maret bagi pebalap debutan dan pebalap penguji kemudian tes resmi pada 10-12 Maret.

Kendati demikian, masalah baru muncul ketika melihat jeda dua minggu dari akhir tes pramusim dengan balapan pembuka MotoGP Qatar 2021. Mimpi buruk dengan pembatalan balapan kelas MotoGP Qatar akibat pembatasan perjalanan pada tahun lalu menyisakan kekhawatiran.

Meninggalkan Qatar untuk pulang ke markas masing-masing bisa menimbulkan masalah serupa. Di sisi lain, bertahan selama dua pekan bisa menyebabkan anggaran tim semakin membengkak.

Dikutip dari Motorsport, ada dua opsi yang bakal dipertimbangkan pada pertemuan seluruh tim dengan FIM dan Dorna Sports pada Kamis (14/1) hari ini. Opsi pertama adalah memundurkan jadwal tes pramusim di Qatar ke pekan berikutnya agar jeda antara tes dengan balapan tidak terlalu panjang.

Sementara opsi kedua adalah memajukan jadwal balapan satu pekan lebih awal. MotoGP Qatar yang rencananya digelar pada 28 Maret berpotensi untuk berlangsung pada 21 Maret.

Opsi untuk memajukan jadwal balapan bakal memberi keuntungan lain di samping memangkas masa tinggal tim dan pebalap di Qatar. Benefit lain tersebut adalah menghindari bentrok antara balapan MotoGP Qatar dengan seri pembuka Formula 1 GP Bahrain yang juga berlangsung malam hari.

F1 bakal membuka kompetisi mereka dengan balapan GP Bahrain pada 28 Maret, menggantikan GP Australia (21 Maret) yang ditunda ke bulan November akibat Covid-19. MotoGP sendiri perlu mendapatkan persetujuan dari pemegang hak siar televisi dan panitia penyelenggara GP Qatar apabila ingin mengubah jadwal perlombaan.

Artikel Tag: MotoGP 2021, Jadwal MotoGP, Covid-19

1935  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini