Honda Sang Juara Bertahan yang Tampil Melempem

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 29 Sep 2020, 15:45 WIB
Honda, Takaaki Nakagami

Takaaki Nakagami, LCR Honda

Berita MotoGP: MotoGP 2020 telah menyelesaikan delapan seri balap hingga saat ini, namun Honda yang berstatus sebagai juara bertahan hingga saat ini sama sekali belum pernah naik podium.

Kondisi tim Honda langsung berbanding terbalik saat ditinggal absen oleh Marc Marquez karena mengalami cedera pada balapan awal MotoGP 2020 di GP Spanyol.

Saat ini, ia hanya fokus menjalani pemulihan cedera lengan tangan kanan yang memakan waktu sangat lama. Skuat asal Iwata ini sejatinya punya kecepatan yang dibutuhkan untuk bersaing pada balapan MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (27/9/2020).

Namun, performa itu tidak datang dari pebalap tim utama, Stefan Bradl, Alex Marquez, atau Cal Crutchlow. Justru dari rider tim LCR Honda, yakni Takaaki Nakagami yang menggunakan motor RC213V versi 2019 miliknya.

Akan tetapi, rider asal Jepang ini hanya mampu finis di urutan ketujuh usai mengawali balapan dari posisi start ke-11. Raihan tersebut memang terbilang cukup bagus, akan tetapi itu belum cukup untuk menyelamatkan muka skuat berlgo Sayap Tunggal yang hingga balapan kedelapan sama sekali belum pernah podium. Padahal tim ini sendiri merupakan tim juara bertahan selama beberapa musim terakhir.

Nakagami sendiri sangat kecewa dengan hasil balapan MotoGP Catalunya tersebut.

"Saya sangat kecewa berakhir dengan finis di posisi ketujuh. Kami sebenarnya memiliki peluang besar untuk memenangkan perlombaan jadi ketujuh bukanlah apa-apa. Saya sangat kecewa. Saya tidak bisa menjelaskan perasaan saya," ungkap Takaaki Nakagami dilansir dari The Race.

Rider asal Jepang ini mengatakan bahwa ia harus menemukan cara untuk meningkatkan performa karena jika tidak, dia dan tim tidak akan pernah mendapatkan podium.

"Kami harus membuat motor lebih kuat di grup balapan," ujar pembalap 28 tahun itu.

Nakagami hanya lolos ke jajaran 10 besar sebanyak dua kali pada tahun ini.

Nakagami sudah mencoba rem mesin dan sedikit demi sedikit mencoba mengendalikannya.

Ada satu hal yang bisa dibanggakan dan disenangi Nakagami pada MotoGP 2020. Ia jadi satu-satunya rider Honda yang mencetak poin di setiap balapan dari delapan seri balap MotoGP 2020. Dia menempati urutan 10 teratas pada masing-masing balapan.

Nakagami mencetak setiap poin untuk kategori konstruktor untuk Honda dan menduduki urutan ketujuh dalam klasemen pebalap MotoGP musim ini.

"Ini sangat positif bagi saya, tetapi di sisi lain saya belum naik podium. Ada peluang besar untuk memenangkan perlombaan. Pada musim seperti ini, menjadi konsisten ini sangat penting. Akhir tahun ini akan membantu saya untuk berada dalam posisi yang baik di kejuaraan," pungkasnya.

Artikel Tag: Honda, Takaaki Nakagami

811  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini