Fabio Quartararo Keluhkan Grip Rendah di Sirkuit Catalunya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 04 Jun 2022, 11:50 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Fabio Quartararo diketahui meraih hasil kurang baik di FP1 dan FP2 MotoGP Catalunya akibat kurangnya daya cengkeram ban motor terhadap lintasan.

Hanya sehari setelah resmi memperpanjang kontrak dengan Yamaha sampai akhir musim 2024, Fabio Quartararo justru menorehkan hasil buruk di dua sesi latihan bebas MotoGP Catalunya.

Dari waktu kombinasi, pemuda asal Prancis itu hanya berada di P9, satu tingkat di atas tandemannya, Franco Morbidelli.

Sementara itu para rider Aprilia Racing menggila pada FP2, setelah Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menempati peringkat pertama dan kedua waktu kombinasi. Espargaro mencatatkan waktu lap 1 menit 39,402 detik dan unggul 0,303 detik atas Vinales.

Sedangkan Quartararo tertinggal 0,721 detik dari motor Aprilia RS-GP geberan Espargaro.

Usai FP2 MotoGP Catalunya, juara dunia MotoGP 2021 tersebut mengakui bahwa hasi yang ia raih di latihan bebas sangat mengecewakan. Meskipun, Fabio Quartararo mengakui ada beberapa motor yang mampu beradaptasi cukup baik dengan kondisi ini.

“Jujur, kondisi trek tidak bagus,” ucapnya dilansir dari Speedweek.com.

“Saat memakai ban baru, seharusnya Anda mampu berkembang signifikan (baik kecepatan maupun waktu lap) baik itu dalam cuaca dingin atau panas. Tetapi ini sangat buruk,” ia menambahkan.

Pemuda berusia 23 tahun tersebut berharap kondisi Sirkuit Catalunya akan membaik saat FP3 dilangsungkan pada hari ini (4/6). Banyaknya sisa ban di trek diharapkan mampu meningkatkan daya cengkeram pada motor Yamaha YZR-M1 untuk menghadapi sejumlah sesi pada hari Sabtu.

“Kami sangat mengharapkan itu (grip meningkat) karena benar-benar bermasalah dengan grip yang rendah,” tutur Quartararo.

“Saat para pebalap Aprilia sangat cepat, seperti yang terjadi di Argentina, kami justru bermasalah. Di FP2, kecepatan saya antara 0,6 sampai 0,7 detik lebih lambat daripada Aleix Espargaro.”

Ia menjelaskan, dalam kondisi grip yang kurang seperti di latihan bebas kedua, seorang pebalap bisa merasakan apakah dirinya melaju dengan kecepatan lambat atau tidak. Untuk kasus Quartararo, sang rider merasa benar-benar kesulitan meningkatkan kecepatan.

“Di tikungan 3, 4, dan 9, saya membuka gas saat keluar tikungan dan langsung kesulitan karena ban belakang berputar terlalu kencang. Mau tidak mau, saya harus mengontrolnya. Saya mengendarai M1 dengan bagus tetapi memang sangat lambat,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, yamaha, MotoGP 2022, motogp catalunya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/fabio-quartararo-keluhkan-grip-rendah-di-sirkuit-catalunya
754  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini