Demi Keselamatan, Bos Red Bull Berjanji Benahi Sirkuit Red Bull Ring

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 03 Sep 2020, 23:40 WIB
Demi Keselamatan, Bos Red Bull Berjanji Benahi Sirkuit Red Bull Ring

Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports) dan Dietrich Mateschitz (Bos Red Bull)

Berita MotoGP: Bos Red Bull, Dietrich Mateschitz, bertekad mengubah layout Red Bull Ring demi memperbaiki tingkat keselamtan para pebalap MotoGP. Hal ini dinyatakan Manajer Tim Red Bull KTM Tech 3 sekaligus Presiden IRTA, Herve Poncharal.

Red Bull Ring kembali bergabung di kalender MotoGP pada 2016 lalu, sejak saat itu sirkuit yang terletak di Spielberg, Austria itu kerap kali dihujani kritikan dari para pebalap lantaran dinilai memiliki tingkat keselamatan yang belum cukup.

Selain dinding pembatasnya begitu dekat dengan trek, dalam cuaca kering trek itu sudah dianggap berbahaya, dan dinilai bakal jauh lebih berbahaya jika hujan turun.

Insiden besar antara Johann Zarco dan Franco Morbidelli pada MotoGP Austria Minggu (16/8) lalu menjadi pertahian besar para rider.

Mereka bertabrakan keras di Tikungan 2 dalam kecepatan 250-300 km/jam . Tak hanya itu, motor Zarco dan Morbidelli yang hancur lebur melesat cepat ke arah Tikungan 3 dan nyaris menghantam Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Para rider sudah melayangkan keluhan kepada CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dalam rapat Safety Commission MotoGP Styria dan akan dibahas lagi dalam rapat di Misano.

FIM yang menaungi MotoGP, juga akan berkoordinasi dengan FIA yang menaungi Formula 1, mengingat F1 juga mengunjungi Red Bull Ring tiap musim.

"Tikungan 2 mungkin akan berubah tahun depan, karena tentu akan ada pembicaraan lagi dengan para rider. Mereka akan mengutarakan pikiran mereka kepada Carmelo dan lainnya dalam rapat Safety Commission. FIA juga akan bicara dengan FIM dan kita lihat saja nanti," ujar Poncharal kepada The Race.

"Tuan Mateschitz merupakan sosok yang benar-benar menakjubkan, telah berkata bahwa apa pun yang harus dilakukan, pasti akan dilakukan. Jika ada modifikasi yang dibutuhkan, tak peduli biayanya, ia akan mewujudkannya. Dengan kata lain, ia bilang apa pun yang kami minta akan dituruti, dan saya tahu ada banyak trek lain yang bakal bilang tak mau," tandasnya.

"Dorna selalu mengutamakan keselamatan rider di atas segalanya. Anda bisa mengkritik mereka semau Anda, akan tetapi Anda tak bisa meragukan prinsip mereka. Saya sudah di sini begitu lama dan saya melihat banyak balapan sebelumnya. Saya lihat banyak kecelakaan, banyak kematian. Tapi sejak itu, sudah banyak perubahan," pungkas Poncharal.

Artikel Tag: MotoGP Austria, Red Bull Ring, motogp 2020

685  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini